Review Redmi Note 10 Pro, AMOLEDnya bening dan spesifikasinya mumpuni

assalamu’alaikum wr. wb..

Xiaomi kembali membuat ramai jagad android seharga 3-4 jutaan.. setelah sebelumnya varian Poco, kini giliran varian Redmi Note.. adalah Redmi Note 10 Pro yang menarik perhatian.. kebetulan adek nbsusanto sedang mencari pengganti Redmi 4X nya..

Masa Pencarian HP yang Pas

budget adek 3 jutaan untuk membeli hp baru.. syaratnya adalah kameranya bagus, spesifikasi mumpuni, tampilan juga menarik.. tentu bukan cuma megapixel yang terbesar.. dari pilihan dari berbagai merk dan seri, akhirnya mengerucut pada Poco X3 Pro, dan Redmi Note 10 Pro.. hampir saja ke Poco X3 Pro seperti nbsusanto namun akhirnya ambil Redmi Note karena dapat promo yang menarik..dari berbagai varian RAM, adek nbsusanto memilih versi 6/128 yang cukup langka..

Unboxing

kelengkapan paket penjualan Xiaomi Redmi Note 10 Pro hanya berupa hp, adaptor, kabel data, kartu garansi, buku petunjuk, sim ejector, silicon case, dan kartu ucapan terima kasih telah membeli produk Xiaomi.. saat dibuka, hp ini telah terpasang screen protector.. adaptor charger merupakan fast charging berkapasitas 33 watt dengan interface USB tipe C yang diklaim mampu mengisi penuh kurang dari 90 menit.. berikut video unboxingnya..

Kesan Pertama

dimensi Xiaomi Redmi Note 10 Pro ini mirip dengan Poco X3 Pro.. peletakan tombol power, volume, fingerprint, serta USB type C pun sama persis.. namun untuk ketebalan, memang hp ini lebih tipis hingga lebih dari 1 mm.. hanya saja kameranya terletak di pojok kiri atas dan juga menonjol yang membuatnya harus dipasang case tambahan untuk mengurangi risiko lecet.. bagian belakang yang menggunakan bahan kaca pun membuatnya semakin terlihat elegan..

begitu menyala.. wah layar AMOLED memang berbeda.. bening tenan.. pantas saja banyak hp kelas atas yang menggunakannya.. ukuran kamera depan pun cukup kecil sehingga tidak memerlukan tempat yang luas.. untuk interface sendiri ya khas tampilan MIUI.. hp ini menggunakan MIUI 12 yang berjalan pada Android 11..

Benchmarking

Xiaomi Redmi Note 10 Pro mengusung chipset Snapdragon 732G, RAM 6/8 GB, internal 64/128 GB UFS 2.2, GPU Adreno 618, serta resolusi FHD+.. aplikasi benchmark yang nbsusanto gunakan merupakan Antutu V 9.0.9 dan Geekbench 5.. hasilnya adalah sebagai berikut..

pengujian dengan Antutu menghasilkan angka 307 ribu.. terpaut jauh dari angka standar Redmi Note 10 Pro 6/128 yang di kisaran 345 ribu.. entah kenapa saat itu.. kemaren padahal sempet tes hp dengan chipset Snapdragon 720G nilainya di atas ini.. mungkin memang kondisinya harus benar-benar tanpa gangguan..

saat dicoba dengan Geekbench 5, nilai OpenCL yang dihasilkan sebesar 1291, nilai single core 562, dan nilai multicore 1671.. hasilnya 11-12 dengan chipset Snapdragon 720G.. memang mereka masih mirip lhawong GPU nya juga sama-sama Adreno 618..

Kamera

108 MP dan sensor Samsung ISOCELL HM2, salah satu aspek yang menjadi jualan Xiaomi Redmi Note 10 Pro, selain AMOLED tentunya.. lalu bagaimana dengan hasil kameranya? nbsusanto mencoba memfoto di dekat Pendopo Kalimasada.. sebagai benchmark review adalah hp nbsusanto..

kamera utama Xiaomi Redmi Note 10 Pro pada mode standar mempunyai resolusi 12 MP dengan ukuran file yang dapat mencapai lebih dari 5 MB.. gambar ini aslinya mempunyai ukuran 7,4 MB, namun nbsusanto resize untuk menghemat bandwidth.. untuk warna yang dihasilkan cenderung tidak terlalu ngejreng.. namun sepintas terlihat bahwa kontras yang dihasilkan lumayan baik.. pada bagian bayangan masih memungkinkan untuk melihat detailnya..

kamera depan Xiaomi Redmi Note 10 Pro memiliki resolusi 16 MP dan ukuran file pun dapat lebih dari 5 MB.. pada percobaan yang nbsusanto lakukan, lagi-lagi output tanpa editan hp ini warnanya cenderung kurang ngejreng.. untuk dokumentasi pribadi tentunya sudah cukup.. apabila butuh tone lain dapat diatur di kamera maupun dilakukan pasca pemotretan dengan berbagai aplikasi editor yang tersedia di play store..

Fitur Lainnya

secara umum, fitur tambahan di Xiaomi Redmi Note 10 Pro tidak berbeda jauh dari Poco X3 Pro nbsusanto.. gesture untuk screenshot yang mudah, tombol shortcut yang beragam, serta telah mengantongi sertifikasi IP53 yang diklaim tahan percikan air.. selain itu, ada perlindungan Gorilla Glass 5 diaplikasikan tidak hanya di bagian depan, melainkan sisi belakang pun ikut dilapisi..

Kesimpulan

Xiaomi Redmi Note 10 Pro, sebuah smartphone yang didesain dengan segala aspek yang cukup apik.. spesifikasi dapur pacu maupun sisi luarnya memiliki nilai plus yang menarik.. bagaimanapun, hp seharga 3,5-4 jutaan dengan Snapdragon 732G, RAM 6 atau 8 GB, storage 64 atau 128 GB, layar AMOLED, fitur kamera yang cukup bagus, fitur perlindungan yang lumayan banyak..

hanya saja di unit yang nbsusanto coba ini hasil benchmark yang kurang optimal entah karena apa.. selain itu, hp ini pun belum support jaringan 5G yang sudah mulai digembar-gemborkan.. hal lain yang perlu diperhatikan adalah harus selalu berhati-hati menggunakan hp ini mengingat kamera belakangnya yang menonjol rawan terbaret benda lain di saku maupun di dalam tas..

apalagi ya? mungkin nanti bisa ditambahkan..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....