Akhirnya ke Gembira Loka Setelah Dibuka Kembali Untuk Anak

assalamu’alaikum wr. wb..

kebun binatang Gembira Loka.. salah satu tujuan wisata edukasi termasyhur di Yogyakarta.. sudah sejak dulu kala, orang tua di Yogyakarta mengajak anak ke kebun binatang ini untuk melihat bentu asli dari berbagai hewan yang tidak bisa ditemukan di sekitar rumah.. tidak jarang pula sekolah tingkat dasar mengajak murid-muridnya berkunjung untuk bermain sambil belajar.. namun pandemi Covid-19 memaksa kebun binatang ini sempat tutup total sementara serta pernah dibuka hanya untuk 12 tahun ke atas..

karena ada Covid-19 itu pula sudah sejak lama dek AL hanya bisa melihat macan, gajah, rusa, dan lain-lain di buku saja.. nbsusanto dan bojo pun tidak berani menjanjikan untuk mengajak dek AL ke kebun binatang karena masih belum jelas.. khawatirnya anaknya ngarep-arep.. namun begitu di akhir Oktober 2021 mendapatkan info bahwa Gembira Loka sudah dibuka kembali untuk anak di bawah 12 tahun dengan syarat pendamping dewasa sudah vaksin, nbsusanto pun langsung melihat jadwal hari yang kosong untuk bisa kesana..

kami sengaja memilih hari kerja karena tiket lebih murah dan kemungkinan lebih sepi.. begitu sampai di depan pintu masuk kebun binatang, nbsusanto dan bojo diminta untuk menunjukkan bukti sudah vaksin.. kemudian beli tiket seharga 60 ribu rupiah per orang, termasuk dek AL yang sudah lebih dari 80 cm.. untuk memudahkan perjalanan, kami memang membawa stroller sendiri.. sebenarnya ada stroller di Gembira Loka, namun info dari Irfan Pertamax7 yang kebetulan bisa diajak bareng, selama pandemi tidak disediakan..

memasuki kawasan Gembira Loka, terdapat jajaran sepeda yang beberapa waktu lalu menjadi media satu-satunya untuk menjelajahi kebun binatang dengan tajuk zoopeda.. saat itu bojo mengajak namun karena masih khawatir dengan pandemi dan beberapa kegiatan lain, ya tidak kesampaian.. selain itu pertimbangan nbsusanto adalah kalau menggunakan sepeda pasti tidak akan sefleksibel berjalan kaki maupun menggunakan stroller.. hal yang kemudian terbukti pada saat di lokasi..

melangkah lagi, kami disambut oleh akuarium yang berisi ikan-ikan berukuran besar.. impresi pertama dari dek AL adalah tertarik.. cocok! lanjut melangkahkan kaki sambil menunjukkan pesawat yang terpampang di area labirin.. pesawat yang masih sama seperti jaman nbsusanto kecil dulu.. hingga akhirnya masuk ke area Petting Zoo dimana terdapat seperti kuda poni, domba batur, rusa, kura-kura, dan beberapa hewan lain..

bergerak menuruni jalanan hingga menyeberangi Sungai Gajah Wong.. cukup sepi di pagi itu.. hingga kami sampai juga ke Gajah, hewan yang sebelumnya paling mentok berupa patung.. jumlah gajah di Gembira Loka cukup banyak dan ada pula yang berukuran kecil.. lalu kami bertanya-tanya, ada Jerapah nggak sih? dulu sepertinya di dekat kandang gajah tapi kok tidak terlihat tanda-tandanya..

kami pun beranjak ke kandang hewan yang lain.. di dekat gajah ada orangutan, simpanse, kuda nil kerdil, babi hutan, buaya.. diabsen satu-satu agar dek AL bisa mencocokkan dengan apa yang ada di bukunya.. sempat khawatir saat simpanse tiba-tiba teriak.. alhamdulillah dek AL tidak ketakutan.. 🤣

sayangnya saat itu banyak wahana yang masih tutup, di antaranya adalah Aquarium.. kami pun berpindah ke area reptil dan amfibi.. disini lebih baik stroller ditinggal di bawah saja kecuali enteng dan siap-siap angkat saat naik tangga tinggi.. kemaren nbsusanto bawa naik ke atas agar tidak waswas dengan barang.. mungkin kalau di area ini disediakan parkiran stroller akan lebih baik..

area reptil dan amfibi di kebun binatang Gembira Loka berisi berbagai jenis ular, buaya, kadal, dan kura-kura berada disini.. dek AL sangat antusias, terlebih lagi dengan berbagai ukuran kura-kura yang ada.. dengan masing-masing jenis reptil dan amfibi yang ada, pengunjung dapat bergantian melihatnya dengan tetap dapat menjaga jarak..

kemudian kami turun dan menuju wahana selanjutnya.. tentu saja yang menarik perhatian adalah singa, hewan yang ada di baju, sprei dan bukunya dek AL.. namun sayangnya saat nbsusanto ke kandang singa yang elevasinya terletak di bawah area pengunjung, si raja hutan ini sedang tertidur.. celingak-celinguk hanya satu saja yang terlihat, entah memang tidak ada yang lain atau bagaimana..

beralih ke zona burung.. buanyak sekali burung yang dimiliki oleh kebun binatang Gembira Loka ini.. kakatua, berbagai macam elang, bahkan ada penguin.. sempat bingung awalnya ini penguin dimana, ternyata ada 2 kandang yang terhubung dengan kolam kecil berisi air.. sayangnya tidak sempat terdokumentasi karena nbsusanto menggendong dek AL dan bojo kerepotan membawa perabotan.. 😅

beralih ke zona taring.. ada beruang madu, caracal, serval, harimau serta beberapa hewan yang lain.. namun beberapa kandang disini sedang direnovasi.. entah ke depannya akan diisi apa.. namun dek AL cukup senang melihat harimau meskipun pada awalnya si macan ini sedang tertidur.. setelah kami beranjak, akhirnya harimau itupun terbangun.. oya, kandangnya menggunakan kaca, entah itu ketebalan berapa..

mendekati siang hari. banyak pengunjung duduk di halte kereta mini Gembira Loka untuk menunggu kereta.. nbsusanto sendiri bilang, nanti dulu masih rame.. jalan sebentar.. eh lha kok ndilalah dek AL malah tertidur.. baiklah.. istirahat sekalian dulu saja.. estimasi nbsusanto pada tengah hari, atau sekitar 3 jam perjalanan, sudah selesai memutar kebun binatang Gembira Loka.. ternyata meleset.. mana bawa bekal sedikit.. memang seharusnya bawa bekal yang lumayan kecuali memang ada anggaran jajan di dalam.. 🤣

untuk perjalanan berikutnya hingga tuntas memutari kebun binatang setelah dek AL terbangun insyaallah akan nbsusanto tuliskan pada artikel mendatang..

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*