Kembali Ke Jogja dengan Kereta Mutiara Selatan

assalamu’alaikum wr. wb..

hanya sehari di Bandung.. malamnya kami mendapatkan beberapa pilihan kereta api.. Malabar, Turangga, atau Mutsel? kedua pilihan di awal sampai di Yogyakarta pada tengah malam sehingga nbsusanto lebih memilih kereta api yang sampai di Yogya sekitar waktu subuh..

Sesuaikan Jadwal Keberangkatan..

menimbang bahwa perlu rehat sejenak, menyempatkan cari oleh-oleh, serta menyediakan waktu untuk tes antigen.. pilihan paling masuk akal adalah Mutiara Selatan dengan jadwal keberangkatan dari Bandung jam 20.30 dan sampai di Yogyakarta jam 04.06..

mencari informasi tentang rapid tes antigen di Stasiun Bandung, ternyata buka sampai jam 20.00.. menjelang jam 17.00 nbsusanto mendaftar antigen, antri bayar, dan langsung diambil sampelnya.. kali ini tidak sesakit sebelumnya.. hasil keluar dalam 10 menit..

Skybridge Stasiun Bandung..

cetak boarding pass dan masuk ke stasiun.. KA Mutiara Selatan tersedia di jalur 5 Stasiun Bandung sehingga nbsusanto harus kembali melalui skybridge.. kali ini nbsusanto videokan.. jadi penasaran dengan skybridge Stasiun Solo – Terminal Tirtonadi..

waktu sudah menunjukkan hampir pukul 20.30.. pengumuman bahwa kereta akan segera diberangkatkan pun terdengar.. setelah Harina meninggalkan Stasiun Bandung, giliran Mutiara Selatan dengan rangkaian K1-19 stainless steel berangkat tepat waktu..

Perjalanan dengan Kereta Api Mutiara Selatan..

hentakan rangkaian kereta yang nbsusanto naiki saat start lumayan terasa meskipun tidak sampai mengagetkan.. berbeda dengan kereta saat berangkat yang smooth.. tak apa lah yang penting nanti bisa tidur.. perlahan meninggalkan Kota Bandung..

rebound suspensi kereta Mutiara Selatan terasa terlalu memantul.. bandingannya yang terdekat saja, yaitu kereta saat berangkat.. namun masih dapat ditoleransi walaupun saat pandangan ke arah kereta yang di depan goncangannya sangat terlihat dan mengingatkan pada saat mudik naik Argo Lawu tahun 2016 lalu..

baru beberapa menit berjalan kok kereta melambat.. nbsusanto baru ngeh kalau kereta Mutiara Selatan juga berhenti di Stasiun Kiaracondong untuk menaikkan penumpang.. nbsusanto kira pemberhentian pertama berada di Stasiun Cipendeuy..

kereta api kembali berjalan.. nbsusanto mengantuk dan memilih untuk memeluk tas dan mencoba untuk tidur.. sayangnya pada jam 21.30, lampu kereta belum digelapkan.. mata mau merem tapi kok terang banget.. nggak bawa penutup mata pula.. entah jam berapa akhirnya menjadi redup..

Kedinginan di Dalam Kereta..

beberapa kali nbsusanto terjaga.. suhu ac di kereta api Mutiara Selatan ini dingin banget.. dengan absennya  selimut dan ndilalah lupa bawa kupluk, nbsusanto sampai menyembunyikan tangan di belakang tas yang nbsusanto bawa.. padahal sudah pakai jaket.. 🤦🏽‍♂️

seorang temen lapor pada kondektur yang bertugas untuk perjalanan Bandung – Kutoarjo, namun suhu ac tidak berubah.. dia sampai main ke KA restorasi untuk mencari yang hangat-hangat.. baru setelah pergantian kondektur di Kutoarjo, suhu pun dinaikkan.. lhaa sudah tinggal sejam ke Yogya..

sebenernya nbsusanto bisa tidur nyenyak.. apalagi saat suhu sudah tidak lagi dingin.. namun sebentar lagi sudah masuk Yogya.. nbsusanto pastikan sudah tidak ada barang yang terlewat, termasuk memasukkan masker dari KAI.. tepat waktu.. jam 04.10 nbsusanto sudah di luar kereta api..

Penutup

kereta api Mutiara Selatan.. sebuah pilihan perjalanan Bandung – Yogyakarta dengan jam perjalanan paling ideal.. harga yang ditawarkan memang sedikit lebih mahal daripada Lodaya, namun tidak setinggi Turangga.. kenyamanan pun cukup oke meskipun bukan yang terbaik..

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 979 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*