Bendung Kamijoro, Taman Bermain dan Tujuan Wisata Baru di Bantul

assalamu’alaikum wr. wb..

Kamijoro, sebuah bendung yang dibangun oleh Kementerian PUPR di Sungai Progo, tepatnya di antara Kecamatan Pajangan, Bantul dengan Kecamatan Sentolo, Kulon Progo.. dilengkapi dengan jembatan penyeberangan untuk kendaraan roda dua, tempat ini menarik perhatian banyak orang begitu diresmikan pada akhir 2019 lalu.. nbsusanto sendiri sering melintas di Jalan Pajangan maupun Sentolo, namun baru di semester dua 2021 ini kesampaian ke Bendung Kamijoro..

meskipun jembatan akses Bendung Kamijoro hanya untuk roda 2, pengguna mobil tenang saja terdapat parkiran yang cukup luas di sisi Kabupaten Bantul maupun Kabupaten Kulon Progo.. hanya saja kalau mau menyeberang ya memang opsinya cuma melalui Jembatan Bantar (Jalan Wates) dan Jembatan Srandakan saja..

di area parkiran terdapat juga beberapa warung sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk istirahat dan beli cemilan maupun makan besar.. namun saat nbsusanto kesana kemarin memang banyak yang tutup.. entah karena jamnya nggak pas atau memang kalau weekday begitu ya.. 🤣

di Taman Bendung Kamijoro yang terletak di sisi Kabupaten Kulon Progo terdapat beberapa wahana permainan bagi anak-anak, di antaranya adalah ayunan, perosotan, dan lain-lain.. hanya saja wahana tersebut tidak berada di bawah pepohonan yang rindang sehingga kalau nggak pagi banget atau sore banget rawan kepanasan.. kayanya cocok sambil ndulang sarapan bocah..

memang beberapa pohon berukuran kecil sudah ada disini.. mungkin kelak beberapa tahun mendatang ketika pohon sudah semakin besar dapat menjadi lebih rindang.. lalu ketika rumput sudah tumbus dengan baik dan dirawat, pasti menjadi lebih menarik lagi..

beralih ke bagian yang menjadi identitas Bendung Kamijoro.. tertulis identitas nama dengan huruf latin maupun aksara jawa serta logo Kementerian PUPR.. dengan dilengkapi dengan lampu berpanel surya, apakah titik ini kelak menjadi pusat event disini? misalnya atraksi seni..

beralih ke sisi tepi sungai, mencoba mengabadikan jembatan jalan akses Bendung Kamijoro yang punya aksesoris seperti jembatan gandung.. namun ternyata pagar masuk di frame.. mencari berbagai angle yang pas juga susah dengan kamera hape.. mungkin kalau bawa mirrorless bisa fleksibel ganti lensa, apalagi pake drone bisa dari sudut yang tak terjangkau tangan..

kotak-kotak pada bagian hilir entah mengapa langsung mengingatkan nbsusanto saat dulu ke Bendung Colo di Sukoharjo.. sama-sama seperti di Benteng Takeshi.. 🤣 tapi ya itu, nbsusanto tidak bisa lama-lama berdiri disini karena panas dan gendong dek AL yang baru bobok..

beginilah rupa jalan akses yang berupa jembatan roda dua di Bendung Kamijoro.. nampak bagian yang berdiri cukup tinggi dengan kabel yang menjuntai.. memang baru tren jembatan konvensional namun diberi aksesoris jembatan gantung meski tidak mendukung struktur kah? teringat desain Jembatan Kretek 2 yang kisahnya begitulah.. 🤣

dek AL terbangun dan saat melihat bagian SPAM Kamijoro… “yaah ada bedug”.. 🤣

dari sisi infrastruktur keairan, Bendung Kamijoro memegang peranan penting dalam sistem distribusi air irigasi maupun air bersih di kawasan Bantul dan Kulon Progo.. Kawasan Industri Sentolo dan bahkan bandara Yogyakarta International Airport (YIA) saja air bersihnya disupport oleh SPAM Kamijoro lho..

Bendung Kamijoro.. tidak heran jika banyak orang berkunjung kesini.. selain berfungsi sebagai infrastruktur keairan, bangunan ini pun memiliki fungsi wisata.. memang pemandangannya cukup apik jika cuaca sedang mendukung, apalagi bagi orang yang kesehariannya tidak disuguhi seperti ini.. oya, kalau ditanya HTM dan harga makanan, jujur saja nbsusanto nggak tau.. 😅

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*