Samsung M12, Android di Bawah 2 Juta untuk Pengguna Umum

assalamu’alaikum wr. wb..

setelah mengabdi 5 tahun, Samsung J1 Prime milik ibuk sudah selalu penuh memorinya.. padahal cuma aplikasi bawaan dan whatsapp.. selain itu baterai sudah nggak waras.. mau tidak mau cari hp dengan budget di bawah 2 juta yang cukup lumayan..

Masa Pencarian HP yang Pas

awalnya berniat Asus Maxpro M1 untuk ibuk.. namun LCD pecah dan konter langganan belum ada kabar membuat nbsusanto cari yang baru saja agar bebas masalah.. di harga kurang dari 2 juta dan memory 64 GB, terdapat pilihan seperti Poco M3, Xiaomi 9T, Samsung M12, Samsung A03, Infinix Hot 10S, dll..

ibuk mau hpnya nggak usah aneh aneh.. yang penting mudah dipakai saja.. dengan mempertimbangkan kestabilan software dan yang sudah familiar, pilihan mengerucut ke Samsung M12 dan Samsung A03.. sepintas dengan harga 11-12, spesifikasi dan fiturnya pun tidak berbeda jauh..

namun, setelah melihat spek rinci, nbsusanto condong ke Samsung M12 meskipun lebih mahal 100 ribu.. alasannya sih karena processornya Exynos 850 yang lebih menarik dibandingkan satunya.. kalau dikomparasi di internet, hp ini setara dengan Asus Max M2 milik bapak yang ditenagai SD632..

Kesan Pertama

spesifikasi lengkap Samsung M12 di antaranya adalah processor Exynos 850, RAM 4GB, memory 64 GB, baterai 5000 mAh, layar IPS 6,5″, resolusi 1600×720 pixel dengan drop notch, refresh rate 90 Hz, jaringan 4G, kamera hingga 48 MP dengan resolusi standar 12 MP.. nbsusanto kira bakal lebih dari cukup untuk sehari-harinya ibuk..

nbsusanto sempat memvideo untuk unboxing.. dalam paket penjualan Samsung M12 yang dibungkus oleh kardus tipis (nampaknya daur ulang, mendukung green ecosystem) terdapat hp, charger USB-C fast charging 15 watt, kartu garansi.. sederhana memang tidak ada silicon case maupun screen protector yang terpasang..

setelah dinyalakan, seperti biasa diperlukan beberapa pengaturan basic.. dark mode adalah salah satu pilihan yang memang lebih nyaman di mata.. hanya saja, warna hitam di Samsung M12 ini terlihat kurang pekat.. kasus di 1 hp ini saja atau memang secara umum terjadi ya? kalau tentang resolusi, ya terbiasa pakai 1080p lalu lihat 720p agak berbeda ya..

membicarakan bloatware.. Samsung M12 ini telah dibekali beberapa aplikasi bawaan, beberapa di antaranya medsos dan sebagian diberi keterangan sebagai aplikasi penting.. misalnya TikTok, SnackVideo, Shopee.. padahal, seberapa penting sih aplikasi tersebut bagi semua orang? nbsusanto kira aplikasi pdf reader lebih penting..

Kamera

kamera memang bukan concern utama pada saat mencari hp.. namun bagaimanapun hal itu adalah salah satu kelengkapan yang sewaktu-waktu diperlukan.. ya, hasil kamera Samsung M12 memang tidak istimewa.. warnanya terlihat kurang kaya serta tidak ada night mode.. foto di atas di lokasi yang sama namun beda waktu dan sudut pengambilan..

sementara foto di bawah ini adalah contoh pengambilan indoor dengan sumber cahaya dari jendela yang menjadi background serta lampu LED 5 watt dari arah belakang.. terlihat jika cahaya berlimpah, hasil kamera hp ini sudah cukup untuk dokumentasi pribadi yang pada umumnya hanya dinikmati di layar hp serta komputer saja..

Baterai

salah satu hal utama yang dibutuhkan oleh pengguna umum adalah kapasitas dan daya tahan baterai.. nbsusanto tidak meragukan baterai 5000 mAh yang tertanam pada Samsung M12 ini.. dengan penggunaan wajar untuk WA maupun browsing, 2 hari mudah dicapai.. ya meskipun fast chargingnya tetap butuh setidaknya 2 jam dari posisi low battery..

Benchmark dan Game

kemarin nbsusanto iseng melakukan pengetesan dengan software Antutu Benchmark.. hasilnya memang tidaklah tinggi jika dibandingkan dengan beberapa hp lain yang menggunakan chipset mentereng.. namun karena tujuan utamanya bukan untuk ngegame, nilai ini sudah cukup..

kemarin sempat download game NFS No Limits untuk main akun nbsusanto yang mengalami control bug di Poco X3 Pro.. hasilnya, Samsung M12 masih dapat digunakan dengan layak untuk main game ini.. kadang memang game seperti telat respon, entah karena memang bug di dalam game atau hpnya karena memang ini bug yang cukup awet..

Kesimpulan

harga 1,9 jutaan dapat hp 4/64, baterai 5000 mAh, merk ternama itulah poin jualan Samsung M12.. memang masih banyak pilihan yang speknya lebih tinggi.. namun bagaimanapun, jika yang dicari adalah hp yang tidak gatcha, hp ini adalah salah satu pilihan yang paling masuk akal.. toh masih mampu juga untuk foto dokumentasi pribadi dan ngegame..

akan tetapi kalau butuh yang lebih dari apa yang bisa Samsung M12 tawarkan, apalagi penggemar hasil kamera optimal dan hobi ngegame kelas berat, nbsusanto sarankan untuk mencari yang lain saja agar dapat memuaskan ekspektasinya.. 🙂

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

1 Trackback / Pingback

  1. Samsung M23, 5Gnya Samsung di Harga 3 Jutaan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*