Asus Zenfone MaxPro M1, android mantap di bawah 2 juta

assalamu’alaikum wr. wb..

perkembangan handphone sangatlah pesat.. di 2013, ram 512 MB sudah cukup meski ada hp dengan ram 1 GB, contohnya Himax Pure 2.. di 2016, hp ramnya sudah 1,5-2 GB namun sudah ada ram 3 GB, misal Xiaomi Redmi 3 Pro.. memang umumnya hp berumur 2-3 tahun.. beberapa teman sudah ganti hp, namun nbsusanto belum tertarik.. sampai april lalu baterai re3pro sudah tidak seprima sebelumnya dan layarnya sempat berkedip.. khawatir dong.. cari-cari hp yang speknya lumayan, baterai besar dan tentu harga di bawah 2 juta.. :mrgreen:

Masa Pencarian HP yang Pas

kebetulan di grup ada yang share Asus sedang turun harga.. yang lumayan disorot adalah Asus Zenfone Maxpro M1.. bagaimana lagi, android dengan processor snapdragon 636 dan ram 4GB dilepas di harga 2 juta kurang seribu.. bahkan di beberapa market place lebih murah lagi, harga segitu termasuk ongkos kirim..  sebenernya sempat mikir Xiaomi Redmi Note 7, Realme 3 dan Nokia 5.1 Plus.. setelah cek harga nbsusanto baca lagi speknya akhirnya fokus ke Asus Zenfone Maxpro M1 yang lebih terjangkau.. 😂

layar 6″ memang terasa besar apalagi dibanding hp sebelumnya, namun jaman sekarang susah cari hp maksimal 5″.. tapi layar Asus Zenfone Maxpro M1 ini manteb.. Full HD+, meski mata nbsusanto masih normal saja menerima resolusi lebih rendah misalnya 720p atau di bawahnya lagi.. masih mikir-mikir lagi.. baterainya 5000 mAh.. muanteb ini.. dual kamera maksimal resolusi 13 MP meski untuk mode bokeh saja, bukan 1 wide 1 tele.. agak bodoamat sih soalnya kalau mau kualitas sudah ada Sony A6000, tapi lumayan untuk keperluan instan.. kekurangannya tidak ada NFC meskipun susah cari di bawah 3 juta.. ya sudah dibayar saja lah sambil dinikmati setelah unboxing.. :mrgreen:

Kesan Pertama

isi paket penjualan sederhana saja khas hp masa kini.. Asus Zenfone Maxpro M1 dilengkapi pembuka slot simcard, silicon case, kartu garansi, petunjuk singkat serta charger 2000 mAh dengan kabel micro USB.. tidak ada headset.. untuk slot simcard sendiri 2 buah microSIM dan 1 slot microSD sehingga bisa dual on dan masih bisa tambah memori eksternal.. casingnya sendiri dari metal, seperti redmi 3 pro sehingga lebih baik dipasang silikon, selain agar tidak licin juga lebih aman saat jatuh..

saat dinyalakan dan dicek, Asus Zenfone Maxpro M1 sudah dibekali Android Oreo dengan pure android.. bukan Zen UI seperti hp Asus kebanyakan.. lumayan sih mengingat hp sebelumnya masih Lollipop untuk versi update OTA, di himax malah mentok Jelly Bean.. setidaknya cukup enteng karena tidak banyak bloatware serta masih bisa diharapkan update di masa mendatang.. baru kali ini merasakan layar bisa displit untuk 2 aplikasi.. ndeso yo? 😆 yang pasti begitu nyala diminta update beberapa kali.. oleh karena itu memang android baru lebih baik pakai wifi dulu kecuali paket datanya berlimpah.. 😂

Benchmark dan Game

seperti biasa, nbsusanto download antutu benchmark untuk mendapatkan angka-angka terlebih dahulu.. memang Asus Zenfone Maxpro M1 yang ditenagai SoC Qualcomm Snapdragon 636 ini rangkingnya bakalan jauh dari flagship.. tapi setelah diuji nilai 110 ribuan sudah lumayan lah.. toh bukan penghamba angka.. 😅 yang pasti nbsusanto download game NFS No Limit.. ya akhirnya punya game yang cukup berat ukurannya, meski bukan game spek dewa.. lha maklum sebelumnya paling main Candy Crush dan berbagai turunannya.. 😂 main PUBG atau game FPS lain? ehm.. kalo sekarang masih belum tertarik.. dari dulu sih memang sukanya game balapan atau yang nggak terlalu mikir.. lha sudah mumet berbagai kesibukan lain mosok ngegame masih mumet? 😂 NFS No Limit sendiri berjalan cukup lancar dan maknyuss di Asus Zenfone Maxpro M1 ini.. bahkan asalkan tidak berlebihan, dipake ngegame baterainya masih bisa untuk lebih dari 24 jam lho!

Kamera

dari berbagai review yang nbsusanto baca, salah satu titik lemah Asus Zenfone Maxpro M1 adalah di kameranya.. untuk itu lebih baik tidak berekspektasi tinggi, toh paling apa.. memang benar saat masuk ke menu kamera tidak banyak pengaturan yang ada.. ternyata memang ada sebagian yang di hidden, entah kenapa.. cukup tekan cepat berkali-kali di bagian “Redeye Reduction” sampai keluar tulisan developer mode.. meskipun memang tetap tidak seenak UI yang diharapkan.. oleh karena itu wajar banyak yang menginstal Google Cam melalui ADB.. nbsusanto sendiri belum ngutak atik.. masih maneman dan males e.. kemarin sempat instal apk Nokia Cam tapi masih ngebug sehingga uninstal lagi.. mencoba untuk bersyukur dan mencari yang pas.. toh setelan resolusi selalu nbsusanto buat ke 5 MP.. kebiasaan lhawong di A6000 yang 24 MP saja nbsusanto set ke 12 MP.. ngapain gedhe gedhe kecuali mencari detail pemandangan untuk crop ketat.. memangnya mau cetak banner? makan kapasitas memori banyak pula.. sudah cukup wis apalagi untuk medsos dan blog saja.. tinggal kapan hunting pemandangan yang ijo ijo.. 😁

Video

untuk video Asus Zenfone Maxpro M1 mampu merekam sampai 4K, namun nbsusanto pilih cukup 1080p saja.. toh nanti diedit paling juga ke 720p.. mau dinikmati seperti apa sih memangnya.. kalo di youtube di autoplay kalo internet kecepatan standar paling 480p atau 720p saja.. lagi-lagi alasan kebutuhan serta size file yang nbsusanto perhatikan.. kalau nbsusanto bilang hasilnya sudah cukup bagus kok untuk merekam di daerah yang cukup cahaya.. kalau yang cahayanya tidak terlalu banyak memang agak gelap, kecuali kamera yang bukaan diafragmanya besar.. untuk kestabilan saat pengambilan video juga lumayan kok.. lalu salah satu fitur yang nbsusanto suka adalah saat ngvideo bisa ambil foto bahkan sampai resolusi 13 MP dan apik kok.. 😁

Baterai

se tahan apa sih baterai 5000 mAh dari Asus Zenfone Maxpro M1 ini? dalam pemakaian beberapa minggu ini nbsusanto cukup puas.. ketika nggak dipakai ngegame dan untuk internet sebatas whatsapp dan sesekali browsing, Asus Zenfone Maxpro M1 ini mampu hidup 3 hari.. kemudian setelah nbsusanto instal berbagai aplikasi termasuk NFS No Limit, asalkan tidak berlebihan, baterainya masih bisa untuk lebih dari 24 jam lho bahkan tembus 2 hari! tentu nggak setiap saat lhawong siangnya kerja dan malam pilih bobok.. untuk pemakaian normal saat baterai tidak penuh pun masih bisa seharian.. lama pengecasan juga cukup cepat, hampir 2 jam dari kondisi baterai satu digit..

Kelebihan Lain?

  • layar 6″ jebul wenak banget buat nulis artikel.. sebagian tulisan ini dibuat di Asus Zenfone Maxpro M1, selain dilengkapi dengan laptop Asus A456UR.. masih bisa scroll tulisan naik turun.. pantas saja ketua Koboys suka hp yang besar jebul memang enak kalo berhubungan dengan tulisan..
  • split screen.. teknologi yang sudah cukup lama ada namun baru nbsusanto rasakan di hp ini.. lumayan kalo pengen buka 2 aplikasi bersamaan, misalnya ngetik di browser dan baca whatsapp..
  • Asus Zenfone Maxpro M1 dilengkapi fitur security berupa unlock dengan fingerprint serta face recognition yang cukup responsif.. kalau fingerprint memang bukan barang “wah” mengingat Re3Pro lalu sudah ada.. kalau face recognition baru punya di hp ini dan nggak ada kendala saat membuka kunci.. maklum sebelumnya pesimis karena hpnya dek bojo kadang agak susah buka pake fitur ini..
  • lock GPS cukup cepat dan cukup akurat.. khasnya Qualcomm sih jadi nggak istimewa banget..
  • apa lagi ya? nanti kalo ketemu diupdate lagi.. 🙄

Kekurangannya?

dari tadi poin-poinnya ternyata lebih membahas kelebihannya ya.. tentu ada kekurangan Asus Zenfone Maxpro M1 yang nbsusanto rasakan.. mungkin subyektif sih.. di antaranya :

  • antar muka kamera yang agak membingungkan dan pengaturan kamera yang agak ribet.. jujur pas buka kamera liat ada beberapa shortcut malah bingung karena bukan pengaturan utama dan kudu masuk ke menu dulu.. lebih baik dimunculkan pengaturan seperti shortcut ganti mode manual, lalu muncul pengaturan exposure, ISO dll.. ya ada sih pengaturan itu tapi tercampur dengan yang lain..
  • layar besar, atau lebih tepatnya panjang, itu nggak enak kalo dikantongi.. apalagi saat sholat.. memang sih dari dulu nbsusanto seringnya bawa tas kecil untuk naruh gadget.. namun sesekali perlu ditaruh di saku juga.. ini memang subyektif dan konsekuensi dari kelebihan yang nbsusanto tulis di atas..
  • opsi clear all setelah memencet tombol recent apps ternyata tidak serta merta menutup aplikasi yang terbuka.. entah kudu diatur atau bagaimana.. memang sih terbiasa dengan redmi 3 pro yang kalau clear all langsung menutup semua aplikasi kecuali yang dikunci.. memang fungsinya untuk menghemat RAM serta baterai, yang mana Asus Zenfone Maxpro M1 menyediakan cukup besar.. tapi lebih baik bisa menutup dengan cepat.. mungkin ada caranya cuma belum nemu saja.. :mrgreen:
  • apa lagi ya? nanti kalo ada diupdate juga.. :mrgreen:

Kesimpulan

Asus Zenfone Maxpro M1 merupakan android yang cukup bagus secara value to money.. dengan harga kurang dari 2 juta rupiah sudah dapat ram 4 GB, processor kelas menengah SD 636, baterai 5000 mAh dan layar yang bening.. kekurangan tentu saja ada namun memang harus dimaklumi, meskipun mungkin bagian antar muka masih bisa diperbaiki oleh Asus.. overall, nbsusanto cukup puas dengan hp ini.. semoga awet hingga setidaknya seusia hp-hp sebelumnya.. 😀

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....