Alasan Memilih HP Pavilion Aero 13 Sebagai Laptop Harian

assalamu’alaikum wr. wb..

nbsusanto akan coba membahas tentang memilih laptop ultrabook dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya.. sebagian belum pernah nbsusanto coba, namun sudah disurvei mendalam karena  sempat menjadi kandidat laptop nbsusanto.. pada kesempatan ini ada HP Pavilion Aero 13 dengan harga kurang dari 15 juta rupiah..

laptop ini sempat menjadi salah satu yang nbsusanto incar untuk meneruskan tongkat estafet dari MSI PS42.. nbsusanto coba cari referensinya dari berbagai tulisan dan video.. sempat juga merasakan mengoperasikan laptop ini sebentar di salah satu toko komputer di Yogyakarta..

lalu kenapa laptop ini menjadi menarik? berikut nbsusanto susun kelebihan dan kekurangan laptop HP Pavilion Aero 13 berdasar review sesuai pandangan nbsusanto..

Kelebihan Laptop HP Pavilion Aero 13

  • super ringan dengan bobot 0,99 kg.. saat dipegang dan diangkat memang benar kalau enteng banget..
  • menggunakan processor / CPU AMD Ryzen 5 5600U (6 cores 12 threads) yang powerfull meskipun seri hemat daya, processor ini berani diadu dengan processor lain dengan harga sekelasnya..
  • layar IPS 13,3″ WUXGA 1920×1200 pixels 60 Hz dengan bezel tipis serta webcam tetap di atas.. ukurannya sangat kompak sehingga mudah disimpan serta sedap dipandang.. kecerahan layarnya pun berani diadu..
  • RAM 16 GB DDR4.. untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan sudah lebih dari cukup untuk penggunaan harian seperti office, browser, bahkan desain grafis kecuali tingkat ekstrim..
  • SSD 512 GB.. kapasitas rata-rata media penyimpanan pada saat ini yang cukup untuk penggunaan harian.. didukung teknologi bawaan SSD yang lebih cepat dari harddisk biasa sehingga tidak perlu menunggu booting yang lama..
  • port cukup lengkap, yaitu 1 USB-C, 2 USB-A, audio jack 3,5 mm, HDMI, AC power port.. dengan masih hadirnya HDMI serta 2 buah USB-A maka tidak perlu beli adapter dalam waktu dekat.. bahkan port USB-C dapat digunakan untuk mencharge laptop apabila mempunyai charger USB-C sendiri..
  • memiliki Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.2.. teknologi terbaru meskipun belum semua perangkat lain dapat mendukungnya..
  • desain keyboard memenuhi hampir seluruh bidang yang tersedia dengan tombol power tidak di pojok kanan atas, melainkan di sebelah kiri tombol delete yang mengurangi risiko salah pencet, serta memiliki control keys (page up, down, home, end, dll) di sisi kanan.. terdapat backlit warna putih yang membantu pada saat dibutuhkan..
  • terdapat fingerprint yang meningkatkan faktor keamanan serta sangat berguna bagi yang malas memasukkan password seperti nbsusanto..
  • speaker Bang & Olufsen yang berkualitas cukup baik di kelas ultrabook dengan harga terjangkau..
  • desain secara umum yang simpel dengan bodi berbahan magnesium, cukup menarik bagi kelas Pavillion karena biasanya hanya digunakan pada kelas di atasnya..
  • ketahanan baterai dapat mencapai 9 jam pada skenario tertentu meskipun kapasitasnya hanya 43 Wh saja..

namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna.. berikut coba dijabarkan apa yang sudah nbsusanto amati dan dapatkan..

Kekurangan Laptop HP Pavilion Aero 13

  • tidak ada SD/microSD card reader sehingga apabila dibutuhkan perlu membeli adapter..
  • layar tidak dapat dibuka hingga 180 derajat.. bukan masalah besar karena tidak semua orang membutuhkan layar yang dapat dibuka hingga sejauh itu..
  • RAM dan SSD tidak dapat ditambah.. sebenarnya bagi pengguna biasa tidak masalah karena RAM 16 GB sudah cukup.. untuk media penyimpanan masih dapat menggunakan SSD / harddisk eksternal maupun cloud storage..
  • VGA Radeon integrated.. bukan kekurangan yang fatal karena sudah cukup untuk pengguna harian.. apalagi laptop ini memang bukan khusus ditujukan untuk gamers..
  • tidak ada fitur charging stopper, sehingga jika sambil dicolok ke charger, baterai akan selalu terisi hingga 100%.. hal yang sangat disayangkan karena kompetitor lain telah memiliki fitur stopper di angka 60%-80% untuk memperpanjang umur penggunaan baterai di masa depan sejak beberapa tahun lalu..
  • charger yang disertakan adalah AC power to DC port bulat 65 Watt saja.. power adapter ke USB-C bukan kelengkapan standar bawaan dari laptop sehingga harus membeli sendiri ataupun menggunakan charger smartphone apabila akan menggunakannya..

Harga Laptop HP Pavilio Aero 13

di official store marketplace, harga HP Pavilion Aero 13 dengan CPU AMD Ryzen 5 5600U berada di kisaran Rp 11 jutaan saja.. sangat worth it..

dengan berbagai kelebihan serta kekurangan HP Pavilion Aero 13, nbsusanto kira laptop ini merupakan alternatif menarik bagi yang mencari laptop dengan budget 12 juta.. jujur saja laptop ini hampir nbsusanto beli, sayangnya hanya karena ketiadaan fitur charging stopper membuatnya urung mendarat ke rumah.. padahal selain aspek tersebut, semuanya sudah cukup bagi nbsusanto..

referensi : HP official website, JagatReview, Pemmzchannel, Tom’s Guide, Gizmologi, laptopmedia.com

link pembelian : Official Store

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Rekomendasi Laptop Ultrabook 13-14" Harga Rp 11-13 Jutaan
  2. Alasan Memilih HP Envy x360 13 Ryzen 7 Sebagai Laptop Harian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*