Alasan Memilih MSI Modern 14 Ryzen 7 Sebagai Laptop Harian

assalamu’alaikum.wr. wb..

pasaran ultrabook di harga < 12 juta memang cukup sexy.. dalam pencarian nbsusanto, ada beberapa seri laptop yang patut untuk menjadi perhatian.. salah satu pemain yang sejak beberapa tahun lalu telah terjun dan masih berlanjut adalah MSI dengan produknya MSI Modern 14 Ryzen 7..

sebenernya ada beberapa seri dari Modern 14 ini, namun yang nbsusanto rasa pantas dipertimbangkan adalah seri ini.. Modern 14 sendiri adalah seri pengganti dari MSI Prestige PS42 seperti milik nbsusanto, dan Prestige kembali ke kelasnya di level menengah.. sempat mengamati laptop ini dari berbagai sumber membuat nbsusanto mencoba menyusun berbagai kelebihan dan kekurangannya..

Kelebihan MSI Modern 14 Ryzen 7

  • menggunakan processor / CPU AMD Ryzen 7 5700U yang meskipun seri hemat daya tapi tentunya powerfull.. cukup menarik karena pada umumnya kompetitor menggunakan seri Ryzen 5 5600U, meskipun Modern 14 juga memiliki pilihan seri Ryzen 5 5500U dengan harga lebih murah..
  • bobot ringan, sekitar 1,3 kg saja, meskipun sedikit lebih berat dari pendahulunya, MSI Prestige PS42, yang kurang dari 1,2 kg..
  • layar IPS 14″ 1920×1080 pixels dengan bezel tipis serta webcam tetap di atas.. tidak seperti pendahulunya yang masih menempatkan webcam di bawah layar.. layar dapat dibuka hingga sekitar 180 derajat..
  • tersedia 2 slot RAM DDR4, sehingga RAM dapat diupgrade.. sebuah opsi yang menarik mengingat para kompetitor menggunakan RAM on board serta pendahulunya hanya dibekali 1 slot RAM saja..
  • SSD 512 GB.. kapasitas rata-rata media penyimpanan pada saat ini yang cukup untuk penggunaan harian.. didukung teknologi bawaan SSD yang lebih cepat dari harddisk biasa sehingga tidak perlu menunggu booting yang lama..
  • port cukup lengkap, yaitu 1 USB-C, 2 USB-A, audio jack 3,5 mm, HDMI, microSD card reader, AC power port.. dengan masih hadirnya HDMI, microSD card reader serta 2 buah USB-A maka tidak perlu beli adapter dalam waktu dekat..
  • memiliki Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.2.. teknologi terbaru meskipun belum semua perangkat lain dapat mendukungnya..
  • desain keyboard memenuhi hampir seluruh bidang yang tersedia, serta memiliki control keys (page up, down, home, end, dll) di sisi kanan.. terdapat backlit warna putih yang membantu pada saat dibutuhkan..
  • desain secara umum cukup simpel dan elegan, dengan pilihan warna Carbon Gray, Urban Silver, dan Bluestone..
  • memenuhi standar militer MIL-STD-810G untuk memastikan kehandalan dan daya tahannya..
  • dilengkapi dengan charging stopper yang terdapat pada MSI Creator Center sehingga pengecasan dapat dibatasi hingga 60% maupun 80% dari kapasitas maksimum apabila digunakan sambil dicolokkan ke listrik.. fitur ini bertujuan untuk memperpanjang usia baterai.. apabila akan mobile, stopper dapat dimatikan sehingga baterai dapat diisi 100%..
  • diklaim mampu bertahan hingga sekitar 7 jam pada skenario tertentu dengan baterai 3 cell 52 Wh.. kapasitas masih perlu dikonfirmasi kembali karena ada 2 kapasitas berbeda pada referensi yang berbeda..

namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna.. berikut coba dijabarkan apa yang sudah nbsusanto amati dan dapatkan..

Kekurangan MSI Modern 14 Ryzen 7

  • RAM bawaan 8GB DDR4.. untuk saat ini sudah cukup.. namun ke depannya apabila dibutuhkan, perlu membeli lagi tambahan RAM sehingga bisa berjalan dual channel dengan kapasitas lebih besar..
  • tombol power terletak di pojok kanan atas, sangat rawan terjadi salah pencet dengan tombol delete.. meksipun dapat diatur agar tidak langsung mematikan laptop, namun tetap butuh penyesuaian bagi pengguna yang sebelumnya terbiasa dengan tombol delete di kanan atas..
  • tidak mendukung charging melalui USB-C.. laptop ini menggunakan charger AC power to DC port bulat konvensional saja.. agak kurang praktis seperti para kompetitor karena saat digunakan mobile akan lebih ringkas jika hanya membawa 1 charger USB-C yang dapat digunakan pula untuk smartphone.. selain itu, dapat dicharge dengan powerbank..
  • tidak terdapat fingerprint.. padahal fitur untuk meningkatkan faktor keamanan serta sangat berguna bagi yang malas memasukkan password seperti nbsusanto ini pernah ada di MSI Prestige PS42..
  • sistem audio menggunakan Nahimic.. namun kualitas suaranya standar saja.. sudah cukup bagi user yang tidak terlalu memperhatikan kualitas audio, namun bisa menjadi catatan bagi pemerhatinya..
  • VGA integrated bagi sebagian orang dirasa kurang.. meskipun begitu, bukan kekurangan yang fatal karena sudah cukup untuk pengguna harian.. apalagi laptop ini memang bukan khusus ditujukan untuk gamers..

Harga MSI Modern 14 Ryzen 7

di official store marketplace, MSI Modern 14 Ryzen ini bisa didapatkan dengan harga Rp 11 jutaan Rp 10 jutaan.. harga yang sebelumnya sudah cukup menarik dengan chipset Ryzen 7 serta RAM yang masih dapat ditambahkan menjadi lebih menarik karena menjadi lebih terjangkau..

dengan berbagai kelebihan serta kekurangan MSI Modern 14 Ryzen 7 yang telah nbsusanto himpun dari berbagai sumber, nbsusanto kira laptop ini dapat menjadi alternatif ultrabook yang menarik dengan budget 10-11 jutaan.. memang seri ini merupakan perbaikan dari seri sebelumnya, meskipun ada beberapa fitur yang disunat..

referensi : MSI official website, laptopmedia, laptophia, pcmag, tokopedia, kumparan

link pembelian : Official Store

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*