Alasan Memilih Acer Swift X Sebagai Laptop Harian

assalamu’alaikum wr. wb..

pasar laptop berbobot ringan pun diikuti oleh Acer.. untuk bersaing dengan kompetitor, Acer mengandalkan seri Swift yang juga cukup beragam dengan berbagai konfigurasi sesuai kebutuhan pengguna dengan berbagai range harga.. untuk harga belasan juta, namun kurang dari 15 juta rupiah, ada Acer Swift X..

laptop ini sempat menjadi salah satu opsi pilihan bagi nbsusanto untuk menerima tongkat estafet dari MSI PS42, khususnya seri dengan processor AMD.. tentu ini berdasarkan hasil penelurusan dari berbagai referensi maupun review di dalam dan luar negeri, lalu nbsusanto olah seperti biasa sesuai kebutuhan..

Kelebihan Laptop Acer Swift X

  • menggunakan processor / CPU AMD Ryzen 5 5600U (6 core 12 threads) yang cukup powerfull  dan sudah sangat cukup untuk komputasi harian pada umumnya.. terdapat opsi Ryzen 5 5500U yang lebih murah, serta Ryzen 7 5700U dan 5800U yang lebih mahal..
  • menggunakan VGA discrete nVidia GeForce RTX 3050 4 GB.. VGA yang biasanya baru muncul di laptop gaming ini jelas lebih mumpuni dibandingkan dengan VGA integrated maupun VGA discrete dengan seri di bawahnya yang pada umumnya digunakan pada ultrabook..
  • RAM 16 GB DDR4.. untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan sudah lebih dari cukup untuk penggunaan harian seperti office, browser, bahkan desain grafis kecuali tingkat ekstrim..
  • SSD 512 GB.. kapasitas rata-rata media penyimpanan pada saat ini yang cukup untuk penggunaan harian.. didukung teknologi bawaan SSD yang lebih cepat dari harddisk biasa sehingga tidak perlu menunggu booting yang lama.. selain itu ada 1 slot ekspansi untuk menambahkan sebuah SSD lagi apabila dibutuhkan..
  • dilengkapi dengan charging stopper yang terdapat pada Acer Care Centre sehingga pengecasan dapat dibatasi hingga 80% kapasitas maksimum saja apabila digunakan sambil dicolokkan ke listrik.. fitur ini bertujuan untuk memperpanjang usia baterai.. apabila akan mobile, stopper dapat dimatikan sehingga baterai dapat diisi 100%..
  • layar 14″ dengan resolusi 1920×1080 pixels 60 Hz 100% sRGB.. resolusi yang cukup standar bagi laptop belasan juta pada masa kini.. bezel tipis membuatnya nampak elegan dan tidak lagi sebesar laptop 14″ jaman dulu..
  • terdapat fingerprint yang meningkatkan faktor keamanan serta sangat berguna bagi yang malas memasukkan password seperti nbsusanto..
  • port cukup lengkap, yaitu 1 USB-C, 2 USB-A, audio jack 3,5 mm, HDMI, AC power port, serta security lock.. dengan masih hadirnya HDMI serta 2 buah USB-A maka tidak perlu beli adapter dalam waktu dekat.. bahkan port USB-C dapat digunakan untuk mencharge laptop apabila mempunyai charger USB-C sendiri..
  • memiliki Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.0.. teknologi cukup baru meskipun belum semua perangkat lain dapat mendukungnya..
  • sistem audio speaker menggunakan dts yang sudah cukup bagi user pada umumnya..
  • ketahanan baterai 59Wh dapat mencapai 11 jam pada skenario tertentu.. sangat awet mengingat speknya juga lumayan tinggi..
  • bobot sekitar 1,39an kg.. masih banyak laptop lain yang lebih ringan tapi masih cukup enteng jika dibawa mobile..

namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna.. berikut coba dijabarkan apa yang sudah nbsusanto amati dan dapatkan..

Kekurangan Laptop Acer Swift X

  • tombol power terletak di pojok kanan atas, sangat rawan terjadi salah pencet dengan tombol delete.. meksipun dapat diatur agar tidak langsung mematikan laptop, namun tetap butuh penyesuaian bagi pengguna yang sebelumnya terbiasa dengan tombol delete di kanan atas..
  • layout keyboard tidak menyediakan tombol home, end, page up dan page down secara dedicated, meskipun fungsi tersebut dapat diakses melalui tombol 4 arah (arrow keys) dipadukan tombol lain.. butuh penyesuaian bagi mereka yang terbiasa menggunakan keyboard dengan 4 tombol dedicated tersebut..
  • tidak ada SD/microSD card reader sehingga apabila dibutuhkan perlu membeli adapter..
  • layar tidak dapat dibuka hingga 180 derajat.. bukan masalah besar karena tidak semua orang membutuhkan layar yang dapat dibuka hingga sejauh itu..
  • RAM tidak dapat ditambah.. sebenarnya bagi pengguna biasa tidak masalah karena RAM 16 GB sudah cukup..
  • charger yang disertakan adalah AC power to DC port bulat 90 Watt saja.. power adapter ke USB-C bukan kelengkapan standar bawaan dari laptop sehingga harus membeli sendiri ataupun menggunakan charger smartphone apabila akan menggunakannya..

Harga Laptop Acer Swift X

harga laptop Acer Swift X di marketplace di kisaran Rp 13 jutaan saja.. worth it dengan ketahanan baterai serta VGA dedicated yang dimilikinya..

dengan berbagai kelebihan serta kekurangan Acer Swift X yang nbsusanto himpun dari berbagai sumber, nbsusanto kira laptop ini dapat menjadi alternatif laptop dengan budget kurang dari 15 juta, tepatnya sekitar 13-14 juta.. bagaimanapun VGA nVidia RTX 3050 pada laptop tipis, ringan, serta harganya tidaklah mahal, itu memang menarik..

referensi : Acer official websitelaptopmedia.com, gizmologi, pcmagtokopedia

link pembelian : Official Store

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*