Alasan Memilih Asus Vivobook Pro 14 OLED AMD Sebagai Laptop Harian

assalamu’alaikum wr. wb..

persaingan laptop berbobot ringan dengan harga kurang dari 15 juta rupiah pun menjadi perhatian dari pabrikan Asus.. tidak tanggung-tanggung, ada 2 seri yang masuk di range harga ini, yaitu Vivobook serta Zenbook.. pada kesempatan ini nbsusanto akan membahas seri Vivobook Pro 14 OLED yang lebih terjangkau terlebih dahulu..

 

pada saat mencari penerus dari MSI PS42, nbsusanto sempat mencari berbagai referensi tentang laptop ini, khususnya yang berharga maksimal 15 jutaan.. ketemulah seri terendahnya, yaitu M3401QC-OLED555/556.. oya, Asus bukanlah suatu brand baru bagi nbsusanto, tercatat sudah 2 kali memakainya, yaitu A43SA serta A456U milik kantor bertahun-tahun lalu..

Kelebihan Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC AMD Ryzen 5

  • menggunakan processor / CPU AMD Ryzen 5 5600H (6 core 12 threads) yang jelas lebih powerfull dibandingkan versi U dan sudah sangat cukup untuk komputasi harian pada umumnya..
  • menggunakan VGA discrete nVidia GeForce RTX 3050 4 GB.. VGA yang biasanya baru muncul di laptop gaming ini jelas lebih mumpuni dibandingkan dengan VGA integrated maupun VGA discrete dengan seri di bawahnya yang pada umumnya digunakan pada ultrabook..
  • SSD 512 GB.. kapasitas rata-rata media penyimpanan pada saat ini yang cukup untuk penggunaan harian.. didukung teknologi bawaan SSD yang lebih cepat dari harddisk biasa sehingga tidak perlu menunggu booting yang lama..
  • layar OLED 14″ dengan resolusi 2.8K (2880×1800 pixels) 90 Hz.. teknologi OLED yang menghasilkan warna ciamik serta memang resolusi besar sangat menonjol apabila dibandingkan dengan yang lain pada kelas harganya.. bezel tipis pun membuatnya nampak elegan..
  • terdapat fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power.. fitur ini meningkatkan faktor keamanan serta sangat berguna bagi yang malas memasukkan password seperti nbsusanto..
  • port cukup lengkap, yaitu 1 USB-C 3.2, 3 USB-A (3.2 dan 2.0), audio jack 3,5 mm, HDMI, AC power port, serta microSD card reader.. dengan masih hadirnya HDMI, 3 buah USB-A, serta microSD card reader maka tidak perlu beli adapter dalam waktu dekat..
  • dilengkapi dengan charging stopper yang terdapat pada MyASUS/ASUS Battery Health Charging sehingga pengecasan dapat dibatasi hingga 60% maupun 80% dari kapasitas maksimum apabila digunakan sambil dicolokkan ke listrik.. fitur ini bertujuan untuk memperpanjang usia baterai.. apabila akan mobile, stopper dapat dimatikan sehingga baterai dapat diisi 100%..
  • memiliki Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.0.. teknologi cukup baru meskipun belum semua perangkat lain dapat mendukungnya..
  • sistem audio speaker menggunakan harman/kardon yang sudah cukup bagi user pada umumnya..
  • terdapat backlit pada keyboard yang membantu penggunaan saat gelap dan membuatnya nampak semakin elegan..
  • ketahanan baterai 63Wh dapat mencapai 10 jam pada skenario tertentu.. sangat awet mengingat speknya lumayan tinggi..
  • desain simpel dan tetap elegan dengan pemilihan warna serta tulisan “ASUS Vivobook” yang berada pada balik layar..
  • bobot sekitar 1,45an kg.. masih banyak laptop lain yang lebih ringan tapi masih tidak memberatkan jika dibawa mobile..

namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna.. berikut coba dijabarkan apa yang sudah nbsusanto amati dan dapatkan..

Kekurangan Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC AMD Ryzen 5

  • RAM 8GB DDR4 non upgradeable.. untuk penggunaan office serta banyak tab di browser nbsusanto kira memang sudah cukup.. hanya saja meskipun sama-sama memiliki RAM yang tidak dapat diupgrade, kompetitor telah memasangkan RAM 16 GB DDR4 sehingga tidak perlu lagi was-was untuk beberapa tahun ke depan..
  • tombol power terletak di pojok kanan atas, sangat rawan terjadi salah pencet dengan tombol delete.. meksipun dapat diatur agar tidak langsung mematikan laptop, namun tetap butuh penyesuaian bagi pengguna yang sebelumnya terbiasa dengan tombol delete di kanan atas..
  • layout keyboard tidak menyediakan tombol home, end, page up dan page down secara dedicated, meskipun fungsi tersebut dapat diakses melalui tombol 4 arah (arrow keys) dipadukan tombol lain.. butuh penyesuaian bagi mereka yang terbiasa menggunakan keyboard dengan 4 tombol dedicated tersebut..
  • tidak mendukung charging melalui USB-C.. laptop ini menggunakan charger AC power to DC port bulat konvensional saja.. agak kurang praktis seperti para kompetitor karena saat digunakan mobile akan lebih ringkas jika hanya membawa 1 charger USB-C yang dapat digunakan pula untuk smartphone.. selain itu, dapat dicharge dengan powerbank..

Harga Asus Vivobook Pro 14 OLED M3401QC AMD Ryzen 5

di online marketplace, harga Asus Vivobook Pro 14 OLED AMD Ryzen 5 series berada pada kisaran Rp 12 jutaan.. memang worth it dengan VGA integrated yang dibawanya..

dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya, nbsusanto kira Asus Vivobook Pro 14 OLED AMD Ryzen 5 dapat menjadi alternatif laptop dengan budget sekitar 12-13 juta.. bagaimanapun VGA nVidia RTX 3050 pada laptop tipis, ringan, serta harganya tidaklah mahal, itu memang menarik.. hanya saja, faktor RAM 8GB yang tidak dapat diupgrade dapat menjadi catatan tersendiri..

referensi : Asus official website, Pemmzchannel, laptophia.comTom’s Guide, tokopedia

link pembelian : Official Store

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

1 Trackback / Pingback

  1. Alasan Memilih Asus Vivobook Pro 14 OLED Intel Sebagai Laptop Harian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*