Apple MacBook M2, Harga di Indonesia Mulai 19 Jutaan?

assalamu’alaikum wr. wb..

beberapa waktu lalu, nbsusanto tidak terlalu peduli dengan produk apa yang dikenalkan oleh Apple.. realistis saja, paling sering mendengar atau membaca tentang produk iPhone terbaru.. namun harganya selalu tinggi dan tidak ada urgensi membelinya.. untuk MacBook, kadang menyimak, hingga akhirnya kepincut ke M1.. lalu bulan ini penerusnya pun dirilis.. Apple M2..

Pendahuluan

sedikit melihat ke belakang, Apple M1 saja sudah cukup powerfull, meskipun bukanlah yang paling tinggi rangkingnya.. namun penggunaan dayanya memang luar biasa irit.. Apple MacBook Air M1 nbsusanto rasa baterainya nggak habis-habis.. eh lalu disusul chipset M1 Max dan M1 Pro yang performanya semakin tinggi bagi mereka yang merasa M1 biasa masih terbatas..

isu tentang kehadiran chipset M2 memang sudah berhembus sejak triwulan pertama 2022.. nbsusanto sempat berniat menunggu M2 keluar agar M1 segera turun harga lalu beli MacBook Air M1.. tapi keburu butuh dan tidak jelas.. jebul memang 3 bulan kemudian baru dikenalkan di luar negeri.. menunggu hadirnya di Indonesia pasti juga tak sebentar..

Hal Baru Pada Chipset Apple Silicon M2

berdasarkan perkenalannya, chipset M2 tentu saja menawarkan sesuatu yang lebih dibanding pendahulunya.. memang dari sisi teknologi, ada beberapa hal yang berbeda jika dibandingkan chipset M1.. setelah sebelumnya menggunakan DDR4, di seri terbarunya ini Apple membawa DDR5 dan mempunyai kapasitas hingga 24 GB, lebih besar dari pendahulunya yang 16 GB..

selain itu, GPU ditingkatkan sampai dengan 10-core, dimana di seri sebelumnya ada 7 dan 8 core saja.. secara komputasi tentu saja terdapat klaim peningkatan performa dari CPU, GPU, Neural Engine, maupun memory bandwidth hingga 1,4x dibanding chipset M1.. klaim baterai M2 tahan belasan jam? tidak bisa disangkal, pendahulunya saja mampu..

Harga Apple MacBook M2

lalu, berapa di harga berapa Apple MacBook M1 ini akan dijual di pasaran?

MacBook Air M2 bakalan dilepas mulai kisaran harga $1199 dan MacBook Pro M2 bisa ditebus mulai $1299.. sebagai gambaran, MacBook Air M1 memiliki harga $999 dan MacBook Pro M1 berada pada harga $1299.. sepintas memang versi Air naik 200 USD, sementara itu versi Pro harganya sama dengan pendahulunya.. lalu berapa juta rupiah harga Apple MacBook M2?

dengan menggunakan simulasi harga dari ibox sebagai distributor resmi, dimana Apple MacBook Air M1 berada di harga Rp 16,499 juta dan Apple MacBook Pro M1 berada di harga Rp 20,999 juta, maka harga MacBook Air M2 diperkirakan akan berada pada kisaran harga Rp 19,3 – 19,5 juta.. apakah harga Apple MacBook Air M2 akan berada di angka Rp 19.499.000?

sementara itu, dengan harga dalam dolar yang sama, apakah Apple MacBook Pro M2 akan berada pada harga Rp 20.999.000 atau akan ada sedikit perbedaan? sebagai catatan, kini seri MacBook Pro M1 telah discontinue di website Apple global, sementara itu di website ibox masih ada..

well, kita lihat saja nanti ketika Apple dengan chipset M2 resmi masuk ke Indonesia.. apabila harganya dimulai dari 19 jutaan, maka MacBook Air M1 dengan selisih Rp 3 jutaan akan menjadi pilihan ekonomis bagi yang membutuhkannya.. sementara itu bagi yang berbudget lebih, MacBook Air M2 tentu lebih menarik.. apalagi di marketplace bisa selisih sejutaan lebih murah.. 😁

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*