Alasan Memilih Apple MacBook Air M1 Sebagai Laptop Harian

assalamu’alaikum wr. wb..

pasaran laptop seharga belasan hingga sekitar 15 juta ternyata turut diramaikan pula oleh Apple.. ya pabrikan ini dikenal memiliki laptop MacBook dengan sistem operasi Macintosh.. padahal, beberapa tahun lalu sepertinya MacBook merupakan laptop yang terkesan eksklusif dengan harga terendahnya hampir 20 juta..

keberadaan Apple MacBook Air M1 varian terendah (RAM 8 GB – SSD 256 GB) di range harga sampai dengan 15 jutaan membuatnya dapat masuk ke dalam list kandidat penerus MSI PS42.. nbsusanto pun mencoba menelusuri referensi dari berbagai situs, pengalaman pribadi serta beberapa pengguna MacBook untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya..

Kelebihan Apple MacBook Air M1

  • menggunakan chipset Apple Silicon M1 yang merupakan kombinasi processor (8 core), VGA (7 core), serta otak komputasi lain (16 core Neural Engine) buatan Apple dengan hasil tes yang menunjukkan performa tinggi, tidak panas, serta hemat daya.. bagi yang sudah mencoba, memang sudah sangat cukup untuk harian..
  • layar 13,3″ 2560×1600 pixels Retina Display yang tampilannya sangat bening dan menyenangkan.. digunakan berlama-lama di depan laptop pun masih cukup nyaman.. bezelnya memang bukan yang paling tipis, tapi masih membuatnya elegan..
  • daya tahan baterai 49,9 WHr luar biasa.. berdasar berbagai review, angka 15 jam bukanlah hal yang susah diraih dalam sekali pengecasan.. bisa diandalkan untuk 2 hari kerja dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore..
  • keyboardnya empuk dan ukurannya pas.. trackpadnya pun responsif dan presisi.. benar benar super nyaman untuk bekerja, serta terdapat backlit pada keyboard yang membantu penggunaan saat gelap dan membuatnya nampak semakin elegan..
  • terdapat fingerprint yang terintegrasi dengan tombol power.. fitur ini meningkatkan faktor keamanan serta sangat berguna bagi yang malas memasukkan password seperti nbsusanto..
  • dilengkapi dengan charging stopper yang terdapat pada System Preferences >> Battery sehingga pengecasan dapat dibatasi di sekitar 80% apabila digunakan sambil dicolokkan ke listrik setelah dikenali oleh sistem AI .. fitur ini bertujuan untuk memperpanjang usia baterai.. apabila akan mobile, stopper dapat dimatikan sehingga baterai dapat diisi 100%..
  • memiliki Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.0.. teknologi cukup baru meskipun belum semua perangkat lain dapat mendukungnya..
  • charger menggunakan port USB-C dengan adapter 30 watt sehingga tidak perlu khawatir karena sebagian besar smartphone masa kini juga telah menggunakan USB-C.. apabila tertinggal masih biss tukar pakai.. selain itu, memungkinkan untuk dicharge dengan powerbank..
  • sistem audio laptop ini stereo dan mendukung Dolby Atmos.. output suaranya pun mantep dan jernih untuk kelas ultrabook..
  • this is Apple! ya, desain khas yang simpel nan elegan dengan logo apel krowak membuatnya mudah dikenali..

namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna.. berikut coba dijabarkan apa yang sudah nbsusanto amati dan dapatkan..

Kekurangan Apple MacBook Air M1

  • RAM 8GB dan SSD 256GB yang pada dasarnya tidaklah besar juga tidak bisa diupgrade.. opsi dengan RAM dan SSD lebih besar mempunyai selisih harga yang lumayan.. untuk user biasa, RAM 8 GB sudah cukup, namun SSD 256 GB tidaklah besar sehingga butuh penyimpanan cloud / media penyimpanan eksternal..
  • konektivitas yang sangat terbatas.. hanya ada 2 port USB-C (thunderbolt) dan 1 audio jack 3,5 mm.. perlu membeli adapter USB-C ke USB-A dan HDMI untuk dapat tersambung dengan berbagai perangkat..
  • kompatibilitas software di Macintosh, terutama chipset M1, pada saat ini masih belum mencakup kebutuhan semua individu.. sementara ini ada solusi menjalankan Windows di Mac M1 melalui Parallel Desktop, namun agak ribet bagi user biasa..
  • tombol power di pojok kanan atas, bukan tombol delete..
  • konfigurasi layout tombol di keyboard yang berbeda dengan perangkat bersistem operasi windows.. fungsi tombol ctrl di windows digantikan oleh command yang terletak bukan di pojok kiri bawah.. perlu penyesuaian kebiasaan, atau kalau kepepet perlu tukar fungsi tombol..
  • layout keyboard tidak menyediakan tombol home, end, page up dan page down secara dedicated, meskipun fungsi tersebut dapat diakses melalui tombol 4 arah (arrow keys) dipadukan tombol lain.. butuh penyesuaian bagi mereka yang terbiasa menggunakan keyboard dengan 4 tombol dedicated tersebut..

Harga Apple MacBook Air M1 256GB

di marketplace serta toko offline, Apple MacBook Air M1 256GB dapat diperoleh dengan harga 15 jutaan.. memang tidak murah banget, namun dibanding pendahulunya, pada generasi ini menjadi lebih terjangkau.. apalagi bagi para konten kreator yang mendambakan Apple baru namun budget belum mencapai kepala 2.. cocok..

dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya, nbsusanto kira Apple MacBook Air M1 dapat menjadi alternatif laptop dengan budget sekitar 15-16 juta.. bagaimanapun laptop Mac yang tipis, ringan, serta elegan, itu memang menarik.. hanya saja, faktor RAM 8GB dan SSD 256GB yang tidak dapat diupgrade, serta keterbatasan software dapat menjadi catatan tersendiri..

referensi : Apple official website,  laptopmedia, tokopedia

link pembelian : Official Store

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

3 Trackbacks / Pingbacks

  1. Rekomendasi Laptop Ultrabook 13-14" Harga Rp 14-16 Jutaan
  2. Apple MacBook M2, Harga di Indonesia Mulai 19 Jutaan?
  3. Alasan Memilih Dell XPS 13 Sebagai Laptop Harian

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*