Kereta Kertanegara, Pilihan Perjalanan Sore Yogya – Purwokerto

assalamu’alaikum wr. wb..

perjalanan luar kota pada umumnya akan lebih efisien waktu dengan menggunakan kereta api jika dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya.. selama tidak ada gangguan perjalanan, jadwal kereta api cenderung tepat waktu.. oleh karena itu, menjadi masuk akal untuk perjalanan sari Yogya menuju Purbalingga menggunakan kereta melalui Purwokerto..

pilihan kereta pada perjalanan ini cukup banyak mengingat semua kereta Yogyakarta – Jakarta pasti berhenti di Stasiun Purwokerto, ditambah beberapa kereta lain yang juga melalui jalur ini.. untuk perjalanan siang hari ada 2 opsi, yaitu Ranggajati (Cirebon – Jember PP) jam 2 an dan sedikit lebih sore ada Kertanegara (Malang – Purwokerto PP).. nbsusanto dipilihkan yang lebih sore.. manut saja.. 😁

kereta Kertanegara merupakan kereta kelas campuran, yaitu ekonomi (K3-16 ekonomi plus) dan eksekutif (K1-17).. pada hari itu, kereta ini ditarik lokomotif CC 206 livery nataru dan masuk Stasiun Yogyakarta beberapa menit lebih awal dari jadwalnya.. setelah berhenti sempurna, ternyata cukup banyak penumpang dari timur yang turun, entah mereka naik dari Malang atau dari stasiun lain.. mungkin karena jamnya cukup enak ya?

waktu 6 menit untuk kereta berhenti hingga berangkat kembali memang tidak lama, sehingga perlu menyiapkan diri dan barang bawaan.. namun karena tiba lebih awal, waktunya sedikit lebih longgar karena berangkatnya tidak ikutan maju.. ya, kereta ini meninggalkan Stasiun Yogyakarta pukul 14.48.. akselerasinya halus sehingga tidak mengganggu kenyamanan.. AC nya pun cukup dingin..

namun, tidak ada buatan manusia yang sempurna.. saat mau merem sejenak, ternyata footrest K1-17 Kertanegara ini tidak bisa dikunci.. hanya bisa turun jika diberi tekanan.. kalau berubah sedikit saja, bisa naik ataupun turun.. jaan.. selain itu, suspensi kereta terasa agak kurang nyaman karena cukup berguncang di jalur selatan.. meskipun begitu, nbsusanto tetep bisa powernap karena benar-benar ngantuk.. 😅

kereta Kertanegara ini sampai di Stasiun Purwokerto sesuai dengan jadwal jam 17.17.. nbsusanto pun segera turun dari kereta untuk keluar dari stasiun.. ternyata harus melompati kereta Ranggajati yang berangkat 30an menit lebih awal dan masih mengisi air.. saat menengok, ternyata rangkaian K1-85an dan K1-10 milik Depo CN ini meski menggunakan kaca ala pesawat, tapi bagasinya tidak berpenutup..

 

kereta Kertanegara.. salah satu pilihan kereta jalur selatan yang menghubungkan Malang dengan Purwokerto pada siang hari.. perjalanannya cukup cepat dan sampai pun tidak terlalu malam sehingga masih mudah mencari kendaraan lanjutan.. bagi yg naik dari Yogya siang hari dan muslim, sebaiknya sholat dzuhur jama’ qoshor ta’dim dengan ashar sekalian agar tenang di jalan..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 970 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

1 Trackback / Pingback

  1. Es Duren Kombinasi Pak Kasdi Purbalingga, Tidak Hanya Duren

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*