Alasan Memilih Dell XPS 13 Sebagai Laptop Harian

assalamu’alaikum wr. wb..

ultrabook elegan berspesifikasi tinggi memang menjadi pilihan bagi sebagian orang yang butuh bekerja secara mobile.. hal ini tentu tidak dilewatkan oleh Dell yang telah malang melintang di dunia perkomputeran sejak puluhan tahun lalu.. bahkan beberapa seri laptop Dell telah memiliki pangsa pasar tersendiri..

ya, salah satu seri laptop yang terkenal adalah Dell XPS 13 yang memang seringkali dibandingkan dengan Apple MacBook Air.. ya kedua ultrabook ini memang seringkali menjadi pilihan karena spesifikasi yang cukup oke dan ringkas.. kali ini nbsusanto mencoba menjabarkan Dell XPS 13 9305 seharga belasan juta berdasarkan berbagai referensi..

Kelebihan Dell XPS 13 9305

  • menggunakan processor / CPU Intel Core i7-1165G7 (4 core 8 threads) yang cukup powerfull dan sudah sangat cukup untuk komputasi harian pada umumnya..
  • RAM 16 GB DDR4.. untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan sudah lebih dari cukup untuk penggunaan harian seperti office, browser, bahkan desain grafis kecuali tingkat ekstrim..
  • SSD 512 GB.. kapasitas rata-rata media penyimpanan pada saat ini yang cukup untuk penggunaan harian.. didukung teknologi bawaan SSD yang lebih cepat dari harddisk biasa sehingga tidak perlu menunggu booting yang lama..
  • layar IPS 13,3″ dengan resolusi standar 1920 x 1080 pixels yang lumayan bening.. bezel tipis pun membuatnya nampak elegan..
  • terdapat fingerprint yang menjadi satu dengan tombol power dan berada di luar layout keboard.. fitur ini meningkatkan faktor keamanan serta sangat berguna bagi yang malas memasukkan password seperti nbsusanto..
  • terdapat backlit keyboard yang membantu pada saat dibutuhkan dan membuat terlihat elegan..
  • dilengkapi dengan charging stopper yang terdapat pada Battery Settings sehingga pengecasan dapat dibatasi dengan persentase sesuai keinginan pengguna apabila digunakan sambil dicolokkan ke listrik.. fitur ini bertujuan untuk memperpanjang usia baterai.. apabila akan mobile, stopper dapat dimatikan sehingga baterai dapat diisi 100%..
  • memiliki Wi-Fi 6 dan bluetooth 5.1.. teknologi cukup baru meskipun belum semua perangkat lain dapat mendukungnya..
  • bobot cukup ringan, hanya sekitar 1,3 kg saja..
  • desain simpel dan tipis dengan bahan aluminum.. tebalnya sekitar 1,6 cm saja..
  • charger bawaan USB-C berspesifikasi 65W memungkinkan pengguna meringkas kabel yang perlu dibawa saat mobile mengingat smartphone masa kini umumnya juga memiliki interface charger USB-C..
  • daya tahan baterai 52 WHr dapat mencapai 13 jam pada skenario tertentu.. sangat awet dan pede dibawa mobile..

namun, tentu saja tidak ada produk yang sempurna.. berikut coba dijabarkan apa kekurangan yang sudah nbsusanto amati dan dapatkan..

Kekurangan Dell XPS 13 9305

  • tidak masuk secara resmi ke Indonesia melalui Dell Indonesia sehingga garansi yang berlaku merupakan garansi distributor yang pengurusannya tidak dapat ke Dell Indonesia..
  • desain keyboard dengan control keys yang lokasinya tidak biasa (page up, down, home, end, dll) sehingga perlu penyesuaian bagi yang tidak terbiasa..
  • port cukup terbatas, yaitu hanya 2 thunderbolt 4 (USB-C), 1 USB-C 3.2, jack audio 3,5 mm dan microSD card reader.. butuh membeli dongle adapter untuk dapat mencolokkan HDMI maupun USB-A..
  • RAM dan SSD tidak dapat ditambah.. sebenarnya bagi pengguna biasa tidak masalah karena RAM 16 GB sudah cukup.. untuk media penyimpanan masih dapat menggunakan SSD / harddisk eksternal maupun cloud storage..
  • VGA integrated bagi sebagian orang dirasa kurang.. meskipun begitu, bukan kekurangan yang fatal karena sudah cukup untuk pengguna harian.. apalagi laptop ini memang bukan khusus ditujukan untuk gamers..

Harga Dell XPS 13 9305

di marketplace, Dell XPS 13 9305 dapat diantarkan ke rumah dengan harga sekitar Rp 16 jutaan.. masih masuk akal mengingat kelasnya sebagai laptop tipis dengan spesifikasi cukup oke..

dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya, nbsusanto kira Dell XPS 13 9305 Core i7 ini dapat menjadi alternatif ultrabook menarik dengan budget sekitar 16-17 juta.. bagaimanapun laptop yang tipis, elegan, serta spesifikasi cukup tinggi itu memang menarik.. hanya saja, karena statusnya bukan dimasukkan oleh Dell Indonesia, garansinya adalah garansi distributor saja..

referensi : Dell official website, laptopmedia

link pembelian : Official Store

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 970 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*