Bangunkarta, Pilihan Kereta Jakarta – Purwokerto – Yogya Pada Siang Hari

assalamu’alaikum wr. wb..

tugas di Purbalingga sudah tuntas.. waktunya kembali pulang.. karena berangkat naik kereta, pulangnya sekalian lagi saja.. mencari kereta sore dari Stasiun Purwokerto sehingga sampai di Yogyakarta tidak tengah malam.. kereta Bangunkarta yang melayani Jakarta Pasar Senen – Jombang PP merupakan pilihan realistis..

sedikit mengingat-ingat, pada saat nbsusanto masih merantau 3 tahun lalu, perjalanan kereta Bangunkarta tidak melalui Daop 5 Purwokerto sama sekali.. rutenya adalah Jakarta Gambir – Semarang – Solo Jebres – Surabaya Gubeng.. sejak masa pandemi, stasiun terminusnya dikembalikan ke Jombang lagi sesuai namanya..

kereta ini berangkat dari Stasiun Pasar Senen jam 11.40 dengan membawa rangkaian kelas campuran, yaitu eksekutif dan ekonomi.. dengan jalur ganda yang telah membentang cukup panjang, kereta ini masuk ke jalur 3 Stasiun Purwokerto jam 16.59, sekitar 7 menit lebih awal dari jadwal.. berselang sebentar dengan kedatangan Ranggajati di jalur 2 dari Jember..

di saat Bangunkarta berhenti, beberapa petugas segera memasang tangga untuk naik dan mengisi air di dalam kereta.. nbsusanto manfaatkan waktu ini untuk mengamati kereta eksekutif dengan trainset kaca panjang buatan 50 tahun lalu.. meskipun tua, lekuk kepala di kursi penumpang cukup dalam sehingga lebih enak untuk istirahat..

tepat setelah Joglosemarkerto di jalur 4 diberangkatkan, terdengar semboyan 35 dibunyikan oleh CC 201 83 07 (CC 201 45)yang legendaris itu dan mulai berakselerasi dengan halus sebagai tanda kereta berangkat tepat jam 17.11.. meninggalkan Stasiun Purwokerto langsung berjumpa dengan kereta Kertanegara dari Malang..

melintas terowongan Notog dan Kebasen kemudian berbelok ke timur setelah berhenti sejenak di Stasiun Kroya.. nbsusanto sempat memejamkan mata karena sinyal hp pun tidak terlalu bagus.. kereta ini memang bukanlah kereta yang bebas goncangan, hanya saja masih termaafkan dan cukup nyaman.. footrest pun yang bisa dikunci..

hanya saja terdengar suara kriyet kriyet yang agak berisik, meski tidak bisa menghambat keinginan untuk tidur.. ketika melek, ternyata sudah lepas Stasiun Kutoarjo.. memang sudah gelap di kanan kiri sehingga nbsusanto tidak hafal sampai mana.. nbsusanto pun merapikan tas agar nanti mudah saat sudah sampai..

jam 19.40, 2 menit lebih awal dari jadwal kereta Bangunkarta telah sampai di Stasiun Yogyakarta.. kereta ini akan berhenti sejenak untuk selanjutnya menuju Jombang sebagai stasiun terminusnya.. kami pun segera keluar dari rangkaian kereta, menyeberang rangkaian Commuter Line yang masih idle untuk menuju parkiran..

kereta Bangunkarta.. dengan rangkaian campuran yang telah berumur, nyatanya kereta ini cukup nyaman.. hanya saja, jam 11.40 dari Jakarta itu kurang cocok bagi orang-orang yang memilih kereta untuk berPJKA maupun mereka yang ada dinas sejenak di ibukota.. bagaimanapun, kalau di libur panjang, kereta jam berapapun ke arah Yogya selalu saja cepet ludesnya..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 970 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*