Axioo Mybook Pro K7, Produk Lokal Pilihan Lembaga Pemerintahan

assalamu’alaikum wr. wb..

pasaran laptop di Indonesia memang sangat ramai.. sejak jaman dulu, berbagai merk menyajikan produknya dengan berbagai kelebihan serta kekurangannya.. tak mau ketinggalan, produsen lokal pun bermain.. Axioo adalah salah satu merk laptop lokal yang masih terus bertahan di antara gempuran merk global..

belakangan merk ini kembali mencuat dengan adanya Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2021, Pasal 66 yang menyatakan bahwa: Kementrian / Lembaga / Perangkat Daerah wajib menggunakan produk dalam negeri apabila terdapat produk dalam negeri yang memiliki penjumlahan nilai TKDN ditambah nilai BMP paling sedikit 40 persen..

kemarin sempat beredar spesifikasi dan harga Axioo Mybook Pro K7 yang banyak menarik perhatian dan komentar para pemerhati teknologi.. versi basic laptop ini menggunakan Core i7-1165G7, RAM 8 GB, SSD 512 GB, GPU Intel Iris Xe, dan dibanderol dengan harga Rp 19 jutaan, serta memiliki nilai TKDN dan BMP sekitar 46%.. lalu apa menariknya?

Kelebihan Axioo Mybook Pro K7 (8N5)

  • memiliki TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) 36,13% dan BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) 10,50%, sehingga totalnya sebesar 46,63%.. mencukupi persyaratan pemerintah untuk penggunaan oleh lembaga negara..
  • menggunakan processor / CPU Intel Core i7-1165G7 (4 core 8 threads) yang cukup powerfull dan sudah sangat cukup untuk komputasi harian pada umumnya..
  • SSD 512 GB.. kapasitas rata-rata media penyimpanan pada saat ini yang cukup untuk penggunaan harian.. didukung teknologi bawaan SSD yang lebih cepat dari harddisk biasa sehingga tidak perlu menunggu booting yang lama..
  • RAM dan SSD upgradeable karena masih tersedia 1 slot kosong sehingga pengguna dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhannya..
  • port sangat lengkap, yaitu 1 USB-C, 2 USB-A, audio jack 3,5 mm, HDMI,  RJ-45 LAN port, AC power port, serta microSD card reader.. tidak perlu beli adapter dalam waktu dekat..
  • bobot ringan, sekitar 1,2 kg saja.. tidak memberatkan saat dibawa mobile..
  • terbuat dari metal dengan layar dapat dibuka hingga 180 derajat..

Kekurangan Axioo Mybook Pro K7 (8N5)

  • RAM bawaan 8GB DDR4.. untuk penggunaan office serta banyak tab di browser nbsusanto kira memang sudah cukup.. jika berminat, terdapat slot untuk mebambah RAM.. bahkan kalau tidak mau repot, bisa membeli varian 16 GB.. hanya saja beda harganya cukup jauh.. lebih irit kalau tambah sendiri..
  • belum terdapat fingerprint reader.. cukup disayangkan laptop seharga 19 jutaan belum memiliki fitur ini.. fingerprint reader sangat berguna bagi orang yang malas mengetik password serta dapat merasa lebih aman saja..
  • belum terdapat backlit di keyboard..
  • tidak support thunderbolt 4 sehingga tidak dapat dicharge dengan USB-C..
  • layar 1920 x 1080 dengan refresh rate 60 Hz serta sRGB < 90%.. jika mengingat banderol premiumnya, kok ya eman..
  • baterai 36 Wh kuat untuk penggunaan ringan selama 6 jam.. bukan waktu yang singkat, tapi di kelasnya, angka 8 jam bukanlah hal yang aneh.. apakah memiliki fitur charging stopper? entahlah..
  • desain keyboard dengan control keys yang lokasinya tidak biasa (page up, down, home, end, dll) sehingga perlu penyesuaian bagi yang tidak terbiasa..
  • VGA integrated bagi sebagian orang dirasa kurang.. meskipun begitu, bukan kekurangan yang fatal karena sudah cukup untuk pengguna harian.. apalagi laptop ini memang bukan khusus ditujukan untuk gamers..
  • teknologi WiFi 5 dan bluetooth 5.0 bukanlah yang terbaru..
  • informasi mengenai produk ini dari website resminya sangat kurang..

Harga Axioo Mybook Pro K7

harga resmi Axioo Mybook Pro K7 (8N5) di website LKPP adalah sebesar Rp 19.880.000..  apabila butuh RAM 16 GB, SSD 1 TB dan GPU nVidia RTX 3050, tersedia varian 16N9 yang dibanderol seharga Rp 29.800.000.. sudah berada di level harga laptop buatan pabrikan Cupertino..

dengan apa yang ada pada Axioo Mybook Pro K7, nbsusanto rasa laptop ini tidak murah bagi pengguna pribadi.. hanya saja dengan TKDN + BMP 46,63%, nampaknya ini memang laptop dengan spek tertinggi yang tersedia di katalog LKPP bagi personil kementerian maupun lembaga daerah untuk memenuhi peraturan yang berlaku..

referensi : e-katalog LKPP, Nerd Reviews, detik.com

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 980 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*