Tengkleng Gajah, kuliner daging kambing di Jogja yang menggoda

assalamu’alaikum wr. wb..

kulineran pada saat ini memang sudah sangat dimudahkan oleh keberadaan google maps serta media sosial.. cari alamat atau review tempat makan tanpa kita pernah tau kawasan tersebut sebelumnya bukanlah suatu hambatan.. seiring dengan hal tersebut, semakin banyak pengunjung di suatu tempat makan yang memang menarik.. salah satunya adalah di Tengkleng Gajah Yogyakarta.. sebentar.. masa daging gajah? alhamdulillah nbsusanto mendapat kesempatan untuk menikmati kuliner tersebut.. sebagai informasi sebelumnya, nbsusanto kulineran di Tengkleng Gajah sebelum merebaknya pandemi Covid-19, sehingga mungkin keadaan pada saat pandemi akan berbeda..

tentu saja menu di Tengkleng Gajah bukanlah daging gajah.. maksud dari penamaannya adalah tengkleng kambing yang disajikan dalam porsi besar, sehingga pesan 1 porsi dapat dinikmati oleh lebih dari 1 orang.. lokasinya cukup luas dengan beberapa bangunan dalam 1 kesatuan rumah makan.. parkir pun mampu menampung puluhan mobil.. saat nbsusanto kesana memang banyak mobil dan pengunjung, namun meja makan yang tersedia masih cukup banyak sehingga tidak perlu khawatir.. ya memang suasananya tidaklah sejuk karena tidak terdapat dinding yang tidak memungkinkannya ber-AC, lokasinya pun bukan di pedesaan yang jauh dari keramaian kota.. rata-rata yang datang adalah rombongan keluarga.. tidak hanya plat AB, konsumen dari luar daerah pun datang ke rumah makan ini..

pilihan menu di rumah makan ini beragam, mulai dari berbagai varian masakan tengkleng gajah (original, sambal bawang, digoreng, kuah gule. ditongseng), sate, sate goreng, gule, tongseng, tongseng kepala, kepala goreng, nasi goreng kambing, jeroan sambal bawang.. cukup beragam dan beberapa menu memang tidak banyak rumah makan yang menyediakannya seperti sate goreng yang terakhir kali nbsusanto temui di jakarta.. untuk menu andalannya, kisaran harga masih di bawah 50 ribu rupiah.. dek bojo memilih varian tengkleng gajah digoreng.. baiklah.. kalau minuman seperti biasa nbsusanto memilih es jeruk saja yang mudah..

akhirnya datang juga satu porsi tengkleng gajah digoreng dan es jeruk pesanan kami.. nasi dimana? dipersilakan ambil sendiri.. mau nambah berkali-kali pun tidak masalah.. biasanya daging-dagingan apalagi sambalnya juga enak itu menggoda untuk nasi lebih dari 1 porsi.. jadi ya nbsusanto berencana mengoptimalkan hal tersebut.. ehehehe.. yang penting tidak kekenyangan dan masih bisa beraktivitas selanjutnya.. kebetulan memang jam makan siang.. rasanya bagaimana? sukses membuat nbsusanto tambah nasi lebih dari sekali.. 🤣 ya, memang masakan  ini lezat sekali.. porsinya pun memang mengundang untuk makan banyak karena dinikmati dua orang saja.. manisnya pas dan tidak alot..

overall, Tengkleng Gajah memang terbukti menarik tidak hanya di review yang nbsusanto baca saja.. rasanya lezat.. rumah makan ini dapat menjadi pilihan santapan keluarga maupun rombongan pada saat di jogja..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....