Pantai Karangbolong, Ujung Timur Tanjung di Kebumen

assalamu’alaikum wr. wb..

sejak suka motoran, salah satu lokasi yang masih selalu menjadi wishlist namun belum juga kesampaian adalah perjalanan ke barat.. tak perlu jauh sampai Jawa Barat, namun sekadar melalui jalur Tanjung Karangbolong / Menganti yang legendaris.. direncana gagal terus.. sekalinya dadakan malah berangkat.. hitung-hitung menambah kilometer Ziyo sebelum servis pertama..

baru ngeh kalau ternyata masuk ke kawasan Geowisata Karangbolong, Geopark Karangsambung Karangbolong.. mengingatkan pada perjalanan 5 tahun lalu menyusuri kali Luk Ulo menuju Karangsambung.. memang ya Kebumen penuh dengan obyek geologi yang menarik untuk dinikmati..

begitu masuk tugu tersebut langsung disambut dengan jalanan yang berbeda total dengan JJLS yang mbsusanto lalui sebelumnya.. jalanan tanjakan, sempit, serta kondisinya rusak.. pantas saja banyak yang bilang kalau jalan Menganti menantang..

sampai juga di kawasan wisata Pantai Karangbolong.. tulisan “Kebumen” dan “Karangbolong” menjadi penanda.. tampak lubang yang lebih menyerupai goa di sisi kiri kedatangan.. pagi itu cukup sepi, yang nampak adalah para pemancing dan beberapa pengunjung..

bagi mereka yang sangat memperhatikan kebersihan, Pantai Karangbolong memang memiliki kekurangan di aspek ini.. kesannya kurang bersih meskipun kebanyakan berupa sampah organik.. sepintas kondisinya seperti pantai-pantai di Bantul.. bedanya adalah hadirnya barisan perbukitan di sekitarnya..

di sebelah timurnya, terpisahkan oleh muara sungai Telomoyo, terlihat Pantai Suwuk.. disana terlihat beberapa kendaraan wisatawan yang nampaknya lebih ramai dibandingkan pantai tempat nbsusanto berdiri.. memang dari akses juga lebih mudah dicapai..

tak mau membuang waktu terlalu lama karena masih ada tujuan lain, nbsusanto segera memasuki lorong goa yang berujung di sungai Telomoyo yang bermuara di Samudera Hindia.. ada tetesan air saat melintas di dalamnya yang membuat suasananya cukup syahdu.. hanya hati-hati saja karena ada sampah yang berada di dalam goa..

sampai di ujung goa merupakan hamparan pasir yang diramaikan oleh kepiting pasir.. berlarian berhamburan menuju lobangnya saat nbsusanto sampai disitu.. sangat sunyi disini hanya sesekali gelombang air mencapai keseluruhan bagian kecil yang datar ini..

berdasarkan papan informasi yang berada di luar, Pantai Karangbolong merupakan salah satu situs geologi penting di area tersebut dengan kode KKGS-39.. artinya adalah masih banyak situs yang perlu dieksplorasi lagi! 😁

Pantai Karangbolong sebagai salah satu destinasi wisata di Kebumen merupakan salah satu wilayah yang layak untuk dikunjungi, apalagi jika memang tujuannya adalah sekalian belajar aspek kebumian di tanah Jawa.. selain itu, kondisi lubang pada bebatuan karangnya memang unik.. meskipun mungkin tempat ini bukan untuk dinikmati dalam durasi waktu yang lama..

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1033 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*