Lebih Dekat dengan Honda All New Vario 160 2022

assalamu’alaikum wr. wb..

sejak dirilis sekitar 4 bulanan lalu, Honda All New Vario 160 sudah tidak terlalu susah ditemui di jalan raya, meskipun populasinya juga belum banyak-banyak banget.. namun baru pada bulan ini juga nbsusanto dapat kesempatan untuk mengamati motor ini secara lebih dekat dan mencobanya sebentar di jalan pedesaan ketika ardiantoyugo datang ke rumah..

secara desain, All New Honda Vario 160 ini masih ada garis yang terhubung dengan pendahulunya.. orang melihat dari jauh sudah paham kalau itu Vario.. hanya saja, bagian di dek depan terlihat sangatlah besar.. banyak orang yang tidak suka pada bagian tersebut.. bahkan ada seorang temen yang bilang seperti punden berundak.. balik lagi, desain itu selera masing-masing..

motor ini, khususnya seri ABS, telah dilengkapi dengan cakram depan dan belakang pada velg ring 14 berpalang 10.. sementara itu, pada seri CBS (non ABS).. spesifikasi ban yang digunakan merupakan tubeless berukuran 100/80 untuk depan dan 120/70 untuk belakang.. rangka yang digunakan menggunakan eSAF seperti rangka matic-matic terbaru Honda..

sedikit catatan bagi pengguna maupun calon pengguna motor ini, adalah agar sangat berhati-hati saat melintas lubang atau polisi tidur.. jika di motor pada umumnya posisi knalpot lebih rendah daripada mesin sehingga jika “nggasruk” maka yang mungkin kena adalah knalpot dulu.. di Vario ini posisi knalpot dan mesin sejajar, atau bahkan mesin sedikit lebih rendah..

untuk tampilan depan, All New Vario 160 ini masih mempertahankan konsep seperti pendahulunya, yaitu lampu LED ganda dengan sein di bagian yang lebih tinggi.. semoga pada seri ini tidak membuat silau pengendara dari arah depan, meskipun memang oknum pemotor yang menggunakan lampu jauh sepanjang jalan itu pasti ada saja..

sementara itu, sisi belakang motor ini sepintas lagi-lagi masih memiliki garis dari pendahulunya.. lampu belakang menggunakan LED, begitu pun pada sein yang terpasang terpisah dari body seperti motor-motor sport.. jika diperhatikan lebih dekat, mika lampu yang digunakan bukanlah mika bening, melainkan mika smoke..

tombol-tombol sekitar stang standar saja, yaitu sein, klakson, lampu jauh dekat, starter, serta saklar ISS.. di bawahnya, tersedia 2 buah konsol untuk meletakkan barang dengan salahsatunya memiliki penutup dan terdapat USB charger.. selain itu, ada gantungan tersedia di tengah.. hanya saja mekanisme buka tutup konsolnya membuat kikuk.. lebih enak milik Honda Scoopy..

bagian speedometer Honda Vario 160 ini sama dengan pendahulunya.. sudah full digital dengan berbagai lampu indikator.. tampilannya sendiri mencakup speedometer, fuelmeter, jam, konsumsi BBM sesaat, serta bagian yang dapat diganti-ganti tampilannya untuk tripmeter, odometer, voltase aki, serta konsumsi BBM rata-rata..

beralih ke sektor di bawah jok.. kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5,5L.. ingat perbandingan kompresi motor ini adalah 12:1, sehingga bahan bakar yang digunakan sebaiknya minimal menggunakan Ron 92 (setara Pertamax).. selain itu, terdapat sebuah bagasi berkapasitas 18 L yang dapat diisi berbagai keperluan pengguna kendaraan.. tersedia juga sebuah obeng bawaan..

All New Honda Vario 160 2022.. memang motor ini merupakan pengembangan dari Vario 150.. terdapat berbagai ubahan yang tentu saja mengundang pro dan kontra di kalangan penggemar otomotif.. tentang review bagaimana menggunakan motor ini akan nbsusanto tuliskan pada artikel selanjutnya..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 970 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

2 Komentar

    • loh 23 ribu km? ming dinggo antar RT kah lek?
      tapi yo bedo sitik ro CS1 ku sih, 10 taun isih 50an ribu km.. jaman ning jabodetabek ming antar RT je..

      Vario 125 – 2015 ki lumayan nyaman kok lek.. adikku yo nganggo iku.. ming serinkui velg e wae sik rodo rawan meskipu oleh sik Enkei.. wis beberapa kali nemuni kasus velg e rusak.. makane ne adikku saiki go aftermarket..

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*