perbandingan pancaran lampu Honda new Scoopy dan Vario 125 ESP

assalamu’alaikum wr. wb..

trend penggunaan lampu LED sebagai lampu utama pada sepeda motor semakin meningkat.. hampir setiap motor keluaran terbaru sudah mengadopsi lampu ini dengan berbagai model desain serta spesifikasi.. salah satunya adalah Honda new Scoopy.. kebetulan beberapa hari yang lalu di rumah nbsusanto kedatangan Honda new Scoopy menjelang malam hari.. kalau cuaca cocok, akan dijejerkan dengan lampu Vario 125 ESP untuk diujicoba seperti saat kedatangan Honda ADV tahun lalu.. alhamdulillah cerah sehingga terlaksana dan berikut hasilnya..

kamera yang nbsusanto gunakan adalah Sony A6000 dengan pengaturan manual.. hal ini nbsusanto lakukan agar hasil cukup valid karena jika menggunakan pengaturan otomatis, biasanya AI di kamera akan berusaha membuat obyek terlihat lebih terang karena ISO, kecepatan rana dan bukaan diafragma berubah.. maklum Asus Maxpro M1 nbsusanto tidak bisa manual sehingga menggunakan mirrorless.. pengaturan sendiri nbsusanto tetapkan di ISO 800, f/5, dan ss 1/5 detik untuk semua foto..

berikut saat Honda new Scoopy dan Honda Vario 125 ESP dijejerkan dengan kondisi lampu dekat menyala bersamaan.. di sebelah kiri Honda new Scoopy dan di sisi kanan Honda Vario 125 ESP.. secara sepintas saat dalam kondisi ini pancaran cahaya cukup imbang dan tidak seterang Honda ADV..

selanjutnya lampu dinyalakan secara bergantian.. terlihat bahwa lampu Honda new Scoopy lebih fokus dan padat.. selain itu, blankspot antara motor dengan kawasan fokus cahaya pada Honda Scoopy lebih kecil dibandingkan Honda Vario 125 ESP.. nbsusanto sendiri memang tidak melakukan kalkulasi fokus blablabla, namun nbsusanto yakin kalo desain reflektor serta model lensa yang menyerupai proyektor yang memang sudah ada menjadi khasnya Scoopy berandil pada perbedaan fokusn pancaran sinar lampu ini.. bisa dimaklumi karena Vario 125 ESP model reflektornya biasa..

selanjutnya, giliran perbandingan nyala lampu jauh Honda new Scoopy dengan Honda Vario 125 ESP.. posisi masih sama dengan sebelumnya.. secara sepintas, tepi area yang tersinari seimbang.. oleh karena itu nbsusanto lanjutkan dengan menyalakan bergantian..

titik fokus lampu jauh Honda Scoopy yang nbsusanto dokumentasikan berada pada jarak lebih dekat dibandingkan dengan lampu Honda Vario 125 ESP.. lagi-lagi cahaya lampu new Scoopy cukup padat dengan blank spot yang lebih kecil dibandingkan Honda Vario 125 ESP.. namun perbedaannya tidak terlalu signifikan dan mungkin dapat berbeda pada unit yang berbeda.. lagipula, lampu jauh sangat jarang digunakan kecuali dalam perjalanan melalui jalan gelap yang sepi tidak bertemu kendaraan lain.. kalau untuk jalanan biasa, nbsusanto hampir tidak pernah menyalakan lampu jauh secara terus menerus karena akan menyilaukan pengendara lain dan dapat berbahaya, kecuali kadangkala menyalakan kombinasi lampu jauh-dekat-jauh-dekat-jauh-dekat untuk mengingatkan pengguna lain yang menggunakan lampu jauh atau lampu strobo.. silau ya? ya situ yang bikin silau duluan nyadar dong.. 😆

kesimpulan yang dapat nbsusanto ambil dari perbandingan lampu Honda new Scoopy dengan Honda Vario 125 ESP adalah pancaran lampu kedua motor matic ini tidak berbeda jauh, hanya saja new Scoopy lebih padat pada titik fokusnya.. nyala lampu juga masih kalah jika dibandingkan dengan Honda ADV.. namun untuk penggunaan harian dan normal, nbsusanto rasa kedua matic ini sudah cukup mumpuni.. bagaimanapun, kedua motor matic ini mempunyai desain reflektor yang berbeda sehingga pasti hasilnya tidak sama.. penggunaan lensa seperti proyektor sendiri memang sudah nbsusanto rasakan bedanya di Supra X 125 tricolore dan Supra X 125 robotireng.. hanya saja, lampu LED terang begini rawan disalahgunakan oleh orang yang tidak paham penggunaan lampu jauh atau yang memang sengaja menggunakan lampu jauh tanpa mempedulikan pengendara lain..

sekian dan terima kasih.. 🙂

wassalamu’alaikum wr. wb..

Advertisements

Be the first to comment

monggo tanggapannya.....