Pantai Lampon, Mutiara Tersembunyi di Kebumen

assalamu’alaikum wr. wb..

jam masih menunjukkan angka 8 ketika nbsusanto membawa Ziyo ke arah barat dari Pantai Karangbolong.. tujuan utama masih Pantai Menganti.. namun di jalan ada sebuah papan informasi menunjukkan sebuah pantai yang belum banyak dikenal namun fotonya cukup indah.. nbsusanto pun berhenti dan googling sejenak sebelum memutuskan belok..

ya, nbsusanto mencoba untuk membuktikan keindahan Pantai Lampon.. untuk mencapai pantai tersebut harus melalui Pantai Pasir.. ketika jalan nampak buntu ternyata ada belokan yang dilanjut oleh tanjakan cukup terjal dengan permukaan yang tidak mulus.. satu hal yang harus dipastikan ketika melalui jalan ini adalah kendaraan harus dalam kondisi sehat..

ada percabangan lagi di atas ketika nbsusanto tetap menuju Pantai Lampon hingga sampai juga di area parkir.. sepi banget tidak ada kendaraan lain disitu.. sesekali ada orang lewat yang nampaknya dari penampilan seperti pemancing.. memang seperti tidak banyak terjamah oleh wisatawan ketika berjalan kaki meninggalkan parkiran..

satu hal yang nbsusanto tidak pikirkan sebelumnya adalah di alam bebas itu ada nyamuk.. ya meskipun memakai jaket tapi masih ada pergelangan tangan yang bisa diserbu.. duh jan.. tapi kepalang tanggung.. yang penting tidak ketemu ular.. 😂

ketika sampai di persimpangan jalan sempet bingung, ternyata motor pun bisa dibawa turun.. bahkan matic lho.. tapi nbsusanto tidak berminat daripada merepotkan.. lanjut jalan kaki menuju bagian berpasir.. ternyata ada beberapa perahu nelayan yang bersandar.. tidak berlama-lama disitu, nbsusanto pun balik ke persimpangan untuk menyusuri jalan satunya..

eksotisme Pantai Lampon mulai terlihat disini.. memandang ke arah utara, terdapat sebuah lubang di batuan yang sedikit menjorok ke laut.. sebagai background, terlihat banyak perahu nelayan yang sandar di Pantai Pasir.. masya Allah.. tidak menyesal wis mampir kesini meskipun harus berjalan agak jauh.. tapi memang harus bawa bekal minum juga..

kembali berjalan, terlihat tulisan Pantai Lampon saat memandang tebing sebelah selatan.. pagar pengaman memang tersedia di sepanjang tebing sehingga tetap harus berhati-hati apalagi jika tanah basah.. ada beberapa titik yang diberikan tulisan batas aman.. lebih baik diikuti saja..

perjalanan sampai juga di sebuah simpang.. pilihannya adalah balik ke parkiran atau meneruskan eksplorasi ke goa.. sebenarnya menarik, tapi mengingat tujuan utama belum tercapai serta jauhnya jarak perjalanan pulang ke rumah, nbsusanto pilih kembali saja.. lha kok ndilalah terdengar suara sepertinya celeng.. horor juga sendirian kalau hewan itu muncul.. 🤣

parkiran masih sepi.. sempat ngobrol sebentar dengan ibu penjaga parkir dan diberitahu bahwa sebenarnya masih ada goa dan pantai yang menarik untuk dieksplorasi.. dikasih info juga bahwa beberapa waktu lalu ada trail run menyusuri pantai-pantai di sekitar tanjung menganti.. memang sih nbsusanto sempat melihat plangnya di pantai karangbolong..

akhir kata, Pantai Lampon memang cakep.. mutiara tersembunyi di kawasan tersebut yang belum banyak dikunjungi wisatawan.. tidak perlu bayar mahal, yang penting kendaraan sehat dan lebih baik bawa lotion anti nyamuk karena mungkin akan menjadi sasaran empuk.. 😂

sekian dan terima kasih..

wassalamu’alaikum wr. wb..

About nbsusanto 1032 Articles
Nur Budi Susanto - https://dolanotomotif.com/ seorang blogger yang menggemari otomotif, jalan-jalan, fotografi, teknologi, transportasi, dan kereta api. silakan tinggalkan komentar, kritik, dan saran atas tulisan saya. boleh juga japri saya di kankkunkblog@gmail.com.

7 Komentar

    • wkwkwkwkw ayo mas eksplorasi kebumen.. sepertinya masih banyak pantai di kebumen yang eksotis dan belum banyak dieksplorasi ya.. saya yang masih penasaran di kawasan karangsambung sana mas, belum kesampaian kesana lagi wkwkw..

      • ga tau kenapa saya agak kurang tertarik sama wisata2 baru yang bejibun di kebumen, kayaknya karena saia malesan keluar hehe.
        tak bermaksud sombong, saya pernah sekali ke pantai menganti yg jadi perbincangan banyak orang.
        saya sekali kesana dah cukup, males kalo mau kesana lagi hehe.
        kalo pantai cukup ke pantai yg deket rumah aja di pantai bocor, kalo kejauhan capek.
        kalo geowisata lipi karangsambung juga belum pernah ke sana, pernah mau mampir malah tutup.

        • wkwkwkw kalau sy juga biasanya nggak tertarik kalau kebanyakan spot foto yang merusak kenaturalannya, cuma di Lampon kok lebih menarik naturalnya
          kenapa menganti om? padahal mayan cakep.. tp emang sy kesana pas nggak rame sih.. ya ada lumayan banyak orang tp tersebar di berbagai spot..
          pantai bocor? nampaknya menarik nanti sy coba cari cari..
          tutup jalannya atau kantornya mas yg di karangsambung?

          • dulu yg booming pantai menganti, iseng berangkat pake kf40 eh berasa cape bener di jalanan, sampe di tkp kepenginnya cepet balik pulang wkwk.
            pantai bocor paling deket dan juga paling murah, cuma bayar tiket parkir saja.
            dulu ke geowisata karangsambungnya tutup museumnya, lupa dulu tutupnya kenapa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*